Recent comments

  • Breaking News

    Kodim Putussibau Contohkan Buka Lahan Tanpa Membakar

    Foto bersama (Dok: Pendam Tanjungpura).
    KAPUAS HULU, Uncak.com -  Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau (Psb) menggelar sosialisasi pengolahan lahan tanpa pembakaran, bertempat di Desa Sibau Hulu, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Jum’at (24/8/2018).

    Sosialisasi tersebut diawali dengan penanaman jagung perdana oleh anggota Kodim 1206/Psb seluas 1 (satu) hektare lahan yang sudah diolah tanpa proses pembakaran.

    Komandan Kodim (Dandim) 1206/Psb Letkol Inf M. Ibnu Subroto, S.I.P, menyatakan, Kodim 1206/Putussibau mengajak Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama membuka lahan untuk dijadikan percontohan (Demplot) dengan cara tanpa dibakar, sehingga dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

    “Kami yakin bahwa dalam membuka lahan tidak perlu harus dibakar dan kami (Kodim1206/Psb) juga berharap dengan contoh yang nyata ini dapat dipertimbangkan sebagai cara untuk pengolahan lahan di waktu mendatang,” ujsr Dandim 1206/Psb.

    Dandim berharap, penanaman jagung perdana oleh anggotanya seluas satu Hektar itu dapat menghasilkan panen yang bermanfaat dan sekaligus menciptakan ketahanan pangan.

    "Saya juga berharap kedepan, selain jagung, untuk tanaman padi dan kedelai  juga di tanam diatas lahan, tanpa proses pembakaran," harapnya.

    Di tempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI yang hingga saat ini tetap menjaga ketahanan pangan yang merupakan ketahanan nasional dari tingkat pusat sampai daerah.

    “Kami mengucapkan terimakasih kepada Dandim 1206/Psb beserta anggota Kodim 1206/Psb yang telah memberikan contoh dalam membuka lahan pertanian tanpa proses pembakaran di Kalbar. Semoga ke depan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Heronimus.

    Sebagaimana rilis yang diterima uncak.com, Jumat malam, hadir dalam acara itu, Staf Ahli Bupati Kapuas Hulu, Kepala Unit UPT PTPH Kalbar, Kadis Pertanian Kapuas Hulu, Camat Putussibau Utara, dan Kepada Desa Sibau Hulu, serta para tamu lainnya.

    Editor: Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan