Recent comments

  • Breaking News

    Delegasi SMAN 1 Putussibau Wakili Kapuas Hulu Raih Juara Top 3 Duta Genre Kalbar

    Antonia Natalia Ranita Fitriani, Delegasi SMANSA Putussibau, yang merupakan Duta Genre Kabupaten Kapuas Hulu, yang meraih Juara Top 3, dalam ajang Apresiasi Duta Genre tingkat Provinsi Kalimantan Barat mewakili Kabupaten Kapuas Hulu.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) mewakili Kabupaten Kapuas Hulu, untuk berpartisipasi dalam ajang Apresiasi Duta Genre tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

    Acara karantina itu dilaksanakan  pada 1 hingga 5 November 2020, tepatnya di kantor perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat dan hotel Ibis Pontianak.

    Acara tersebut mengusung tema "Ten to Unstoppable",  yang berarti 10 tahun tak terhentikan, yang memiliki makna perjalanan dari genre Kalimantan barat 10 tahun berkarya dan berdedikasi bagi Provinsi, bahkan bangsa dengan sasaran utama yakni remaja dan juga turut serta mensukseskan program BKKBN, berkarya nyata membentuk generasi berencana demi Indonesia emas dan jaya.

    Antonia Natalia Ranita Fitriani (kiri), foto bersama Guru Pendamping, Suryati, S.Pd (kanan).
    Kegiatan karantina yang dilaksanakan selama empat hari itu, dimana pada hari pertama kegiatan, yang dilaksanakan adalah registrasi dan diisi dengan latihan koreografer untuk opening dancer malam final.

    Hari kedua yakni pembukaan resmi, dilanjutkan dengan sesi materi dari berbagai narasumber yang luar biasa untuk memperluas ilmu tentang Genre, pengetahuan umum, dan publik speaking.

    Antonia Natalia Ranita Fitriani (tengah), foto bersama finalis lainnya.
    Hari ke tiga yakni Talkshow bersama Deputi KSPK BKKBN Pusat dan dr.Ryo, dengan topik nasionalisme, dilanjutkan dengan sesi leaderless grup discussion.

    Sedangkan pada malam harinya, diisi dengan acara extravagansa yakni sesi ajang penampilan bakat para finalis duta genre Kalimantan Barat, serta memperkenalkan makanan khas daerah masing-masing dari para peserta.

    Hari ke empat, sesi pemaparan progja dan interview.

    Suasana saat malam final, pengumuman Top 5 dan Top 3 finalis Duta Genre Provinsi Kalimantan Barat.
    Hari ke lima, menjadi puncak acara yakni malam final pengumuman Top 5 dan Top 3 finalis Duta Genre Kalimantan Barat.

    Delegasi SMA Negeri 1 Putussibau, Antonia Natalia Ranita Fitriani yakni Duta Genre Kabupaten Kapuas Hulu 2020  bersama pasangan Putra Duta Genre Kapuas Hulu 2020 mewakili Kabupaten Kapuas Hulu dalam apresiasi Duta Genre Kalimantan Barat berhasil meraih Top 3 terbaik dari 23 peserta yang berasal dari 12 Kabupaten/Kota.

    Adapun hasil seleksi Duta Genre secara keseluruhan yaitu kategori putri diraih oleh juara 1 dari Kabupaten Melawi, Juara 2 Kabupaten Sanggau dan Juara 3 Kabupaten Kapuas Hulu.

    Untuk kategori putra, juara 1 Kabupaten Sintang, Juara 2 Kota Pontianak dan Juara 3 Kota Singkawang.

    Antonia Natalia Ranita Fitriani mengatakan, dirinya tidak menyangka bisa berada di posisi top 3 terbaik. 

    "Kegiatannya mantap. Intinya luar biasalah pengalaman, didikan, ilmu, relasi, dan masih banyak lagi kesempatan berharga yang diberikan pada kegiatan apresiasi duta ini. Saya sangat tidak menyangka bisa meraih kategori Top 3 terbaik," kata Antonia Natalia Ranita Fitriani, Senin (9/11/2020).

    Sementara itu, Guru Pendamping lomba, Suryati S.Pd, sangat bersyukur dengan pencapian tersebut.

    "Alhamdulillah, ini merupakan suatu kebanggaan siswa SMANSA, yang dapat bersaing dengan Kabupaten lain se-Kalimantan Barat yang telah terpilih oleh juri dari 15 peserta masuk 5 besar dan terpilih lagi menjadi juara 3 pemilihan Duta Genre tahun 2020. Acaranya cukup meriah yang diselenggarakan oleh BKKBN di hotel Ibis Pontianak. Semoga kedepannya banyak lagi siswa/siswi SMANSA yang bisa menyalurkan bakat mereka sehingga menjadi siswa yang kreatif walaupun dalam masa pandemi Covid-19 19 ini," ujar Suryati.

    Hal senada juga disampaikan, Dra. Dwi Kuntarti, yang merupakan Pembina PIK-R SMANSA Putussibau.

    Dwi, menyatakan sangat bangga dan bersyukur dengan pencapaian tersebut.

    "Kegiatan ini sudah dipersiapkan dari jauh hari bahkan jauh sebelum Antonia Natalia Ranita Fitriani, dinyatakan lulus seleksi di Kabupaten. Anak ini (Antonia Natalia Ranita Fitriani) ini memang berbakat dalam lomba-lomba sebelumnya, dimana Dia juga meraih juara dalam event lain. Tak heran jika Dia meraih hasil yang sekarang. Semuanya berkat kerja keras dan terus konsiten belajar. PIK-R Sahabat SMANSA sangat bangga dan berterima kasih atas pencaiapan ini," tutur Dwi Kuntarti. 

    Kepala SMA Negeri 1 Putussibau, Mochamad Djusanudin, S.Pd., M.Si, mengatakan walau di masa Pandemi Covid-19, bukan menjadi halangan bagi SMANSA untuk tetap berprestasi. 

    "SMANSA di tahun 2020 ini telah beberapa kali mengirimkan delegasi untuk mewakili Kabupaten Kapuas Hulu, dan meraih kategori juara lomba tingkat Provinsi. Semoga SMANSA terus jaya dan juara," ungkap Djusanudin.

    Penulis: Jurnalisme SMANSA (Fajar Bahari)

    Editor  : Noto Sujarwoto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    bawas

    Post Bottom Ad

    bawas kabanindo