Recent comments

  • Breaking News

    Tiang Listrik di Dusun Geruguk Ditancap

    Suasana saat warga Dusun Geruguk melakukan pembersihan tanam tumbuh yang akan dilewati jaringan listrik, beberapa bulan lalu.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Tentunya kita (Anda) masih ingat sebagaimana diberitakan sebelumnya, dimana warga Dusun Geruguk, Desa Kumang Jaya wilayah perbatasan RI-Malaysia, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, tidak memberikan hak suara (Golput) pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu (9 Desember 2020 lalu).

    Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes karena di Dusun mereka tidak dialiri listrik. Sementara, dua Dusun di Desa yang sama, telah dialiri listrik.

    Atas peristiwa itu, Kepala Desa Kumang Jaya, Titus Dio Medis, melakukan konsultasi dengan pihak PLN Rayon Putussibau pada Jumat (10/12/2020). 

    Dari hasil konsultasi tersebut, Kepala Desa Kumang Jaya membawa surat, yang menganjurkan agar masyarakat melakukan pembersihan tanam tumbuh yang akan dilewati jaringan listrik.

    Selain itu, Kepala Desa Kumang Jaya, juga melakukan koordinasi dengan PT. KTM, yang beroperasi di Dusun Geruguk, dengan tujuan untuk menggunakan alat berat (Excavator) milik PT tersebut.

    Dari hasil konsultasi dengan pihak PT. SKM, manajemen PT. SKM mengijinkan alat berat mereka digunakan untuk melakukan pembersihan tanam tumbuh yang akan dilewati jaringan listrik sehingga pekerjaan selesai tidak memakan waktu lama.

    Pembersihan tersebut, juga dibantu oleh warga Dusun setempat pada Kamis (17/12/2020) lalu, dimana warga masyarakat Dusun Geruguk, melakukan pembersihan jaringan listrik dari jalan raya (simpang empat) Nanga Kantuk menuju Dusun Geruguk.

    Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, bahwa hari Kamis kemarin (7/1/2021), PLN Rayon Putussibau, telah memulai melakukan pemasangan tiang listrik di Dusun Geruguk.

    Pihak PLN Rayon Putussibau beserta warga, saat menancapkan tiang listrik di Dusun Geruguk.
    Melalui pesan WhatsApp, Camat Empanang, Donatus Dudang, membenarkan bahwa tiang listrik PLN untuk Dusun Geruguk telah dimulai pemasangannya.


    "Informasinya kemarin (7 Januari 2021), pemasangan tiang listrik PLN untuk Dusun Geruguk sudah dimulai, didahului dengan upacara adat Suku Dayak Iban," tutur Donatus Dudang, Jumat (8/1/2021).

    Ritual adat suku Dayak Iban sebelum melakukan penancapan tiang listrik PLN di Dusun Geruguk.
    Dijelaskan Dudang, dalam kegiatan tersebut, dirinya tidak dapat hadir, namun ia diwakili oleh Kasi Kesra.

    "Saya sangat berterimakasih kepada pihak PLN Rayon Putussibau yang telah peduli dan merespon keinginan masyarakat dengan baik. Selain itu, saya juga berterimakasih kepada semua pihak, khususnya yang telah berusaha dan berjuang bersama masyarakat sehingga PLN ke Dusun Geruguk dapat terealisasi," ucap Dudang.

    Warga setempat dan pihak PLN, saat bergotong royong memasang tiang listrik di Dusun Geruguk.
    Adapun terkait jumlah jiwa dan kediaman (rumah) penduduk di Dusun Geruguk tersebut, Dudang mengatakan bahwa jumlah jiwa sebanyak 132 jiwa. Sedangkan jumlah rumah sebanyak 26 rumah. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    bawas bawas bawas bawas

    Post Bottom Ad

    bawas bawas bawas kabanindo