Recent comments

  • Breaking News

    BAZNAS Kapuas Hulu Launching Ambulance Darat, Pertamakalinya di Kalbar

    Satu unit Mobil Ambulance BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kabar Gembira bagi warga masyarakat Kapuas Hulu, dimana Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kapuas Hulu, telah memiliki satu unit mobil Ambulance (Ambulance Darat).

    Bupati Kapuas Hulu, saat melaunching ambulance BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (13/2/2021).
    Satu unit ambulance tersebut diperuntukan bagi warga masyarakat khususnya masyarakat Kapuas Hulu, yang membutuhkan.

    "Mobil ambulance ini diperuntukkan secara gratis untuk membantu warga masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, yang membutuhkan," ujar Ketua BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, H.F.Y Wartam, dalam acara peresmian penggunaan Masjid Agung Darunnajah Kabupaten Kapuas Hulu dan launching Ambulance darat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2021, bertempat di Masjid Agung Darunnajah Kabupaten Kapuas Hulu, di Putussibau, Sabtu (13/2/2021).

    Wartam menyatakan, 2016 lalu sebenarnya BAZNAS sudah ada, namun namanya adalah Bazda. Dimana, pada November 2016 lalu kiprah BAZNAS semakin kuat berkat adanya Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas Hulu, dimana dalam Perbup tersebut, mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kapuas Hulu untuk membayar zakat, dengan persentase yang telah ditetapkan.

    "Sehingga sampai hari ini kami bisa mendapatkan ambulance gratis untuk masyarakat ini," kata Wartam.

    Selain itu, lanjut Wartam, sebelumnya, BAZNAS juga sudah sangat banyak melakukan kegiatan sosial, diantaranya sunatan massal gratis.

    "Kami hanya menyalurkan. Ini sebenarnya dana dari hasil zakat, infak dari para ASN di Kapuas Hulu. Terimakasih buat para ASN Kabupaten Kapuas Hulu, Kemenag dan Pemerintah Daerah," ucapnya.

    Terkait penggunaan Ambulance tersebut, Wartam menjelaskan, digunakan untuk jasa antar jemput bagi masyarakat Kapuas Hulu yang membutuhkan, baik untuk rujukan ke Puskesmas maupun ke rumah sakit.

    "Semoga dengan adanya ambulance ini sedekah kita, infak kita dan zakat profesi kita dapat menjadi amal ibadah. Terimakasih kepada para Muzaki dan Bupati beserta jajarannya yang sudah mendukung semua kegiatan BAZNAS selama ini," ucap Wartam.

    Terpisah, Wakil Ketua (Waka) III Bidang Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan pada BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, Rini Wulansari, menyatakan, dengan adanya ambulance tersebut, diharapkan dapat membawa manfaat bagi umat.

    "Ini merupakan launching ambulance darat pertama kalinya bagi BAZNAS khususnya BAZNAS di Provinsi Kalimantan Barat. Semoga dengan adanya ambulance ini dapat membawa manfaat bagi umat dan semoga zakat ASN makin meningkat. Kami hanyalah penyampai amanah umat," singkat Rini Wulansari.

    Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Kapuas Hulu, Syahrul, S Ag, menyatakan apresiasi kepada BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, yang terus eksistensi dan konsisten atas program-programnya yang berpihak kepada masyarakat.

    "Semoga BAZNAS terus mampu memotivasi dan membuat terobosan-terobosan yang konsisten dalam membantu masyarakat luas. Kami percaya, dengan adanya kegiatan- kegiatan dan program-program BAZNAS ini, masyarakat terus terbantu," tutur Syahrul.

    Dalam peresmian penggunaan Masjid Agung Darunnajah dan launching Ambulance darat tersebut, dihadiri pula oleh Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat, Uray. M. Amin, ST, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, yang sekaligus meresmikan penggunaan Masjid Agung Darunnajah Kabupaten Kapuas Hulu dan melaunching Ambulance Darat tersebut.

    Hadir pula Sekda, Dandim 1206/Putussibau, Danyon RK 644/Wls, Ketua DPRD, Kabag Kesra, sejumlah Pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Ormas Keagamaan, sejumlah tokoh agama dan penyelenggara Zakat Wakaf, Wakasman, serta para tamu undangan lainnya.

    Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menyatakan, zakat yang dikelola oleh BAZNAS tersebut, merupakan zakat yang dihimpun dari para ASN Kabupaten, yang jumlahnya sekitar Rp800 juta pertahun.

    "BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu memiliki kemajuan yang sangat signifikan sampai saat ini. Semoga dengan adanya program BAZNAS ini, dapat membantu masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu lebih luas lagi," harap Nasir. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan