Recent comments

  • Breaking News

    Kencana Group Region Sejiram Gelar Sosialisasi dan Pelatihan, Lahirkan Komitmen Bersama Cegah Karhutla

    Praktek pemadaman api.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kencana Group, melalui Tim Karhutla Region Sejiram, telah melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pencegahan dan penanggulangan (pengendalian) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selama dua hari, dimulai dari tanggal 9 hingga 10 April 2021, bertempat di Club House SJRE.

    Sosialisasi pencegahan dan pengendalian Karhutla.
    Kegiatan yang digelar oleh Tim Region Sejiram, yang terdiri dari PT. Anugerah Makmur Sejati (AMS), PT. Dutanusa Lestari (DNL) dan PT. Primanusa Mitraserasi (PMS), yang merupakan anak perusahaan dari Kencana Group, yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit itu, dihadiri oleh RC Sejiram, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu dan Manggala Agni Daops Semitau.

    Apel siaga Karhutla.
    Hadir pula Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Seberuang, Forkopimcam Semitau, Forkopimcam Silat Hilir, Forkopimcam Silat Hulu, para Kepala Desa di Kecamatan Seberuang, Kecamatan Semitau, Kecamatan Silat Hilir dan Kecamatan Silat Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

    Peninjauan embung air.
    Selain itu, hadir pula Temenggung Dayak Seberuang, Temenggung Dayak Suhaid, Temenggung Dayak Kantuk Semitau, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Seberuang, Kecamatan Semitau, Kecamatan Silat Hilir dan Kecamatan Silat Hulu, serta Tim Kelompok Tanggap Darurat (KTD) Perusahaan dan KTD Desa.

    Foto bersama usai kegiatan.
    Adapun hari pertama kegiatan (9 April 2021), dilaksanakan apel siaga Karhutla, sosialisasi Karhutla, penandatanganan Berita Acara (BA), sosialisasi dan komitmen bersama, serta melihat embung air bersama Forum Pimpinan Kecamatan.

    Foto bersama usai pelatihan.
    Sedangkan keesokan harinya (10 April 2021), dilaksanakan pelatihan pemadaman bersama Manggala Agni, Tim KTD perusahaan dan KTD Desa.

    Foto bersama usai kegiatan.
    Region Control (RC) Sejiram, Kartua Situmorang, menyatakan, sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla tersebut pihaknya lakukan dalam rangka mendukung program pemerintah, untuk mewujudkan Kabupaten Kapuas Hulu bebas dari bencana kebakaran hutan, lahan dan kebun, serta bencana kabut asap. 

    Apel siaga Karhutla.
    Sehingga, pihaknya beserta unsur pemerintah, mulai dari pemerintah Kabupaten, Kecamatan hingga pemerintah desa serta elemen masyarakat, berkomitmen membangun kerjasama dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan pencegahan terjadinya Karhutla di sekitar wilayah kerjanya.

    "Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan oleh pihak perusahaan, dan kita siap bersinergi dengan semua pihak dalam penanggulangan Karhutla," ujar Situmorang, menghubungi media ini, Sabtu (10/4/2021) malam.

    Sementara itu, Camat Seberuang, Iyyul, yang bertindak sebagai pembina upacara dalam apel siaga api penanggulangan Karhutla dan membuka secara resmi sosialisasi pencegahan dan pengendalian Karhutla tersebut, menyatakan apresiasi kepada pihak Kencana Group Region Sejiram, yang telah rutin mengadakan sosialisasi dan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karhutla di wilayah kerjanya.

    "Tentunya hal ini sangat positif, dalam rangka mendukung program pemerintah, untuk menjadikan Kapuas Hulu bebas dari bencana kebakaran dan kabut asap. Ini juga bukti bahwa perusahaan sudah siaga jangan sampai ada Karhutla," tutur Iyul.

    Hal senada juga disampaikan Kapolsek Seberuang, Ipda Usman Hasibuan.

    Dikatakan Usman, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi pihak Kencana Group Region Sejiram, dimana selain menjadikan Kapuas Hulu bebas dari bencana kebakaran dan kabut asap, juga memberi ilmu kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

    "Sosialisasi dan pelatihan pencegahan dan penanggulangan Karhutla ini sangat bermanfaat bagi para peserta sehingga diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di mana pun berada,' ungkap Usman.

    Di sisi lain, para undangan yang hadir, mulai dari unsur Forkopimcam, para Kepala Desa dan para elemen masyarakat di empat Kecamatan tersebut, juga sangat mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihak perusahaan tersebut. 

    Kegiatan yang mengusung tema "Bersama Kita Cegah Karhutla Demi Langit Biru" tersebut, berjalan aman dan lancar, serta melahirkan komitmen bersama, yang dibubuhkan melalui penandatanganan berita acara komitmen bersama, sebagai pedoman langkah koordinasi selanjutnya dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, lahan dan kebun. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Ukiklan

    Post Bottom Ad