Recent comments

  • Breaking News

    Pertanian di Landak Terus Maju, Ada Gapoktan yang Tangkar Benih Padi Unggul

     Tanam perdana penangkaran benih padi varietas Cakrabuana Agritan Benih Pokok (BP) pada Gabungan Kelompok Tani Bosdatan, yang merupakan binaan KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo, di Dusun Selaba, Desa Dara Itam, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Selasa (8/6/2021).
    LANDAK, Uncak.com - Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak, yang diwakili Kasi TPH, Mukiang, menghadiri acara tanam perdana penangkaran benih padi varietas Cakrabuana Agritan Benih Pokok (BP) di Gabungan Kelompok Tani Bosdatan, yang merupakan binaan KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo, di Dusun Selaba, Desa Dara Itam, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Selasa (8/6/2021).

    Turut hadir dalam tanaman perdana itu, Pengurus KSP CU Pancur Kasih, Pengawas Benih Kabupaten Landak, Kepala BP2K Jelimpo beserta penyuluh, POPT Jelimpo, Kepala Balai Benih Hortikultura Landak, perwakilan Camat Jelimpo, Kades Dara Itam, Kades Pawis Hilir, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Jelimpo serta anggota Gapoktan Bosdatan.

    Pada kesempatan itu, Kasi TPH, Mukiang, menyatakan, tanam perdana penangkaran benih padi yang dilaksanakan tersebut diharapkan tidak hanya sekedar acara seremonial saja, melainkan lebih dari itu, yakni untuk upaya alih tekhnologi bagi masyarakat dan petani guna merubah pola pikir dan sikap kerja yang produktif disertai Inovasi baru untuk meningkatkan produktifitas dan ketersediaan benih padi unggul.

    "Saya ingatkan bahwa menjadi penangkar benih padi unggul tidak sama dengan kita menanam padi untuk dikonsumsi, maka dari itu, keuletan, ketelatenan dan pengetahuan tentang penangkaran benih harus dikuasai terlebih dahulu. Saya berharap Gapoktan Bosdatan agar terus bekerja sama dalam melaksanakan penangkaran benih padi ini," tegas Mukiang.

    Sementara itu, Manager KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo, Pulgensius mengatakan, melalui kegiatan penangkaran benih tersebut, dirinya berharap kesejahteraan anggota CU Pancur Kasih dapat meninggkat, dimana anggota dapat memproduksi benih padi unggul sendiri dan menjualnya langsung sehingga memperoleh hasil maksimal untuk menambah pendapatan petani/anggota CU Pancur Kasih.

    "Kegiatan penangkaran benih padi Cakrabuana Agritan oleh Gapoktan Bosdatan binaan KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo ini merupakan hal baru, sehingga perlu dikawal dari awal hingga akhir dan kami sangat mengharapkan intansi terkait khususnya DPPKP Kabupaten Landak untuk terus mendampingi petani binaan ini, sehingga tujuan produksi benih ini dapat berjalan hingga pemasaran hasil benih yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani penangkar benih atau anggota CU Pancur Kasih," tutur Pulgensius.

    Pada kesempatan yang sama, Kades Dara Itam, Ardi, mengapresiasi langkah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bosdatan binaan KSP CU Pancur Kasih TP Jelimpo tersebut, yang menjadi penangkar benih padi unggul di Desa Dara Itam.

    Ardi meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Landak, khususnya DPPKP Kabupaten Landak, agar terus mendampingi kelompok tani di desanya, supaya kedepanya Desa Dara Itam dapat menjadi lumbung padi dan menjadi produsen benih padi unggul.

    "Saya juga berharap kepada seluruh kelompok tani yang ada di Desa Dara Itam ini, agar mengikuti jejak langkah Gapoktan Bosdatan Binaan KSP CU Pancur Kasih, yang saat ini memulai langkah baru untuk memproduksi benih padi unggul sendiri. Pesan saya kepada Gapoktan Bosdatan, untuk terus kompak dan bekerjasama yang baik dalam menjalankan program ini," harap Ardi. [MC/Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan