Recent comments

  • Breaking News

    Pemkab Kapuas Hulu Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, saat menyerahkan bantuan ke BPBD Kapuas Hulu untuk diserahkan kepada korban bajir di Kapuas Hulu.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Dirinya memastikan selaku pemerintah, pihaknya akan selalu bersama rakyat dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan yang ada. Kepada para Camat dan Kepala Desa yang wilayahnya terdampak bencana banjir, Bupati mengharapkan agar merespon cepat dan melaporkan secara akurat data kejadian banjir disertai dokumentasi.

    “Sampaikan kepada Bupati melalui BPBD untuk mengetahui sejauh mana dampak yang terjadi untuk menentukan langkah-langkah cepat yang harus diambil,” katanya. 

    Bupati yang akrab disapa Sis ini menyampaikan, bahwa banjir besar di Kapuas Hulu terjadi pada Maret 2021. Banjir besar terjadi di sepanjang daerah aliran Sungai Silat. Landau Rantau merupakan desa yang terparah terdampak banjir pada saat itu. Belum lama ini terjadi lagi banjir yang lebih dahsyat, ketinggian air mencapai 10 meter.

    “Total desa yang terdampak banjir ada 56 desa akibat banjir yang terjadi pada 14-15 Juli 2021, lalu" ujarnya. 

    Sis menjelaskan beberapa desa yang terjadi banjir diantaranya, di Kecamatan Silat Hulu ada 12 desa. Kecamatan Hulu Gurung 8 desa, Kecamatan Silat Hilir 3 desa, Kecamatan Boyan Tanjung 16 desa, Kecamatan Pengkadan 7 desa, Kecamatan Bunut Hulu 9 desa dan Kecamatan Mentebah 1 desa.

    “Total jiwa terdampak adalah 24.507 jiwa dan rumah terendam ada 6.617 rumah, terdapat juga fasilitas umum yang terdampak atau rusak,” katanya. 

    Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan rasa sedih dan prihatin atas musibah banjir yang telah menyebabkan kerugian harta benda tidak sedikit. Seperti kerusakan rumah, lahan pertanian, alat transportasi, perabot rumah tangga, fasilitas umum, serta fasilitas publik lainnya.

    Sis berharap para korban tabah menghadapi cobaan dan dapat segera bangkit dari keterpurukan ini dengan penuh semangat.

    “Kehadiran kami di sini merupakan bentuk kepedulian, empati dan dukungan moral pemerintah kabupaten Kapuas Hulu terhadap warga kecamatan Silat Hulu yang terdampak banjir,” ujarnya. 

    Bupati mengatakan, bahwa pihaknya juga membawa bantuan agar dapat sedikit meringankan beban para korban menghadapi masa-masa yang sulit ini.

    Adapun bantuan tersebut di antaranya beras bantuan dari Gubernur melalui Dinas Pertanian dan Pangan provinsi Kalimantan Barat sebanyak 10 ton ditambah beras bantuan dari Pemkab Kapuas Hulu melalui Dinas Sosial sebanyak 8 ton lebih. Ada juga kopi dan sarden. Selain itu juga terdapat bantuan dari Baznas Kapuas Hulu berupa mie instan 160 dus dan biskuit 30 dus, terangnya.

    “Kami menyadari bantuan tersebut tidak cukup, bila dibandingkan dengan kerugian/kerusakan akibat banjir, tetapi inilah yang dapat diperbuat Pemkab Kapuas Hulu untuk saat ini,” tutupnya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan