Recent comments

  • Breaking News

    Kapuas Hulu Masih Banyak Kekosongan Tenaga Kesehatan

    Ilustrasi (Nakes)

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Kastono menyampaikan, masih banyak kekosongan tenaga kesehatan di sejumlah desa. Kekosongan tenaga kesehatan ini bukan hanya terjadi di Desa Tembang Kecamatan Bunut Hilir yang dikeluhkan warga baru-baru ini. 

    "Berdasarkan data yang kita pegang, tidak hanya di Desa Tembang. Melainkan dengan total 53 Fasilitas Kesehatan beruapa Puskemas Pembantu (Pustu) yang terjadi kekosongan tenaga kesehatan," katanya, Rabu 4 Agustus 2021. 

    Kastono mengatakan, kekosongan tenaga kesehatan di Pustu-pustu tersebut bukannya tidak memiliki alasan melainkan memang memiliki kendala mendasar, yaitu berkaitan dengan anggaran untuk pengangkatan maupun penempatan tenaga kesehatan di Faskes tersebut.

    "Untuk menempatkan 53 tenaga kesehatan di 53 faskes di Desa yang terjadi kekosongan itu kita membutuhkan anggaran Rp1,6 milyar," ujarnya.

    Sementara khusus di Desa Tembang sendiri kata Kastono, sebenarnya sudah ada tenaga kesehatan yang ditempatkan disana. Selain itu tenaga kesehatan Puskesmas Bunut Hilir sendiri tetap melakukan kunjungan sebulan satu kali ke desa dalam rangka posbindu maupun posyandu. 

    "Strategi-strategi ini juga dilakukan untuk di 53 Faskes yang terjadi kekosongan. Puskesmas tetap mengunjungi memberikan pelayanan, namun satu bulan sekali,"jelasnya. 

    Kastono memaparkan, saat ini saja ada sekitar 737 tenaga kesehatan jika ditambah 53 tenaga kesehatan untuk mengisi di 53 Faskes yang terjadi kekosongan itu berarti sekitar minimal kedepan harus ada 790 tenaga kesehatan.

    "Anggaran yang harus disiapkan sekitar kurang lebih Rp24 miliar yang harus disiapkan," tutupnya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak