Recent comments

  • Breaking News

    Kapuas Hulu Minim Tenaga Guru

    Foto: Ilustrasi.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Jumlah guru di Kapuas Hulu masih sangat minim. Bahkan ratusan tenaga honor untuk memberikan ilmu kepada generasi tak menutupi standar jumlah dalam proses belajar mengajar ditingkat SD maupun SMP.

    "Untuk tingkat SD tenaga pendidik yang kurang yakni sekitar 1483 guru sedangkan untuk tingkat SMP sebanyak 813. "Tenaga pendidik masih sangat dibutuhkan di Kabupaten ini," kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kapuas Hulu Joni Rajikin kepada wartawan belum lama ini.  

    Joni menjelaskan, jumlah guru SD saat ini yang mengabdikan diri yakni sebanyak 1.688 guru sedangkan SMP 520 guru. "Jumlah ini masih sangat kurang, kondisi ini sudah terjadi ketika saya bertugas di sini sejak 2013 silam," ujarnya. 

    Untuk CPNS sendiri kata Joni, hanya menutupi guru-guru yang sudah pensiun. Tak hanya itu, berkaitan dengan tenaga pendidik sendiri memiliki standardnya yakni ada sertitikasi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik. 

    "Tenaga pendidik disini, tak sedikit yang berlatar belakang SMA dan S1 pun tak semua  yang berlatar belakang ilmu pendidikan. Namun bagaimana lagi mereka-mereka inilah yang mau mengabdikan diri, kita apresiasi," jelasnya.

    Lanjut Joni, strategi Dinas Pendidikan sendiri, untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik ini sudah membuka formasi P3K yakni dengan jumlah sebanyak 2.300 untuk guru SD. 

    "Sementara yang mendaftar hanya 1027 orang. Belum lagi jika dikerucutkan yang diutamakan adalah S1 berlatar belakang pendidikan, sementara pengajar kita ini disini kebanyakan SMA dan bukan S1 dibidang pendidikan. Ini kondisi kita saat ini," jelasnya.

    Sambung Joni, kekurangan guru terjadi rata-rata di daerah pedalaman Kapuas Hulu, sehingga tak heran seorang guru harus merangkap semua mata pelajaran. 

    "Kalau guru SD baik PNS maupun honor memang harus bisa merangkap. Namun untuk guru SMP mereka memiliki mata pelajaran sendiri. Tapi yang terjadi mereka juga mau tidak mau harus bisa memberikan ilmu mata pelajaran lainnya kepada murid," tutupnya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak