Recent comments

  • Breaking News

    KPPN Putussibau Rilis Kinerja APBN


    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Rilis Kinerja APBN Triwulan III Tahun 2021, khususnya dalam lingkup Kabupaten Kapuas Hulu di Aula kantor KPPN setempat, Kamis (21/10/2021).

    Hadir sebagai Narasumber Kepala KPPN Putussibau Chandra A.S. Wibowo, Kepala KP2KP Putussibau Ahmad Jefri Adityas Wibawa Kabid  Anggaran dan Perbendaharaan pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

    Acara tersebut juga diikuti oleh pimpinan dan perwakilan Satuan Kerja (Satker) instansi Vertikal di Kapuas Hulu serta stakeholder terkait lainnya.

    Kepala KPPN Putussibau Chandra A.S. Wibowo dalam paparannya menyampaikan, sampai dengan triwulan III tahun 2021, APBN terus bekerja keras untuk menahan dampak pandemi Covid-19 dan berperan sebagai instrumen countercycle mengatasi ekonomi agar tidak terkontraksi lebih dalam.

    "Di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, realisasi APBN menunjukkan kenaikan. Langkah akselerasi terus dilakukan untuk menjaga trend positif agar tetap berjalan," ungkap Chandra.

    Sampai dengan triwulan III tahun 2021 total realisasi APBN mencapai 62,29 persen atau Rp442,29 milyar dari total pagu Rp710,071 milyar. 

    Realisasi tersebut terdiri dari realisasi satker KL sebesar Rp 145,13 milyar dari pagu Rp230,015 milyar (63,10 persen). "Dan realisasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa sebesar Rp297,15 milyar dari total pagu Rp480,056 M (61,90 persen)," papar Chandra.

    Lanjut Chandra menyampaikan, adanya relaksasi kebijakan terkait syarat penyaluran turut mendorong akselerasi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa. 

    "Capaian realisasi berdasarkan jenis belanja terdiri dari belanja pegawai sebesar 73,75 persen, belanja barang 59,94 persen dan belanja modal 31,12 persen," ujarnya. 

    Dijelaskannya, belanja pegawai berfungsi untuk menjaga daya beli aparatur dan menjamin pelayanan publik berjalan dengan optimal. 

    "Sedangkan belanja barang dan modal digunakan untuk belanja operasional, penanganan Covid-19 termasuk penyediaan sarana prasarana kesehatan, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional," jelasnya.

    Dari sisi penerimaan, Kepala KP2KP Putussibau  Ahmad Jefri menyampaikan kinerja penerimaan perpajakan sampai dengan periode Triwulan III Tahun 2021. Capaian penerimaan KPP Pratama Sintang (Kabupaten Kapuas Hulu masuk dalam wilayah kerja KPP Pratama Sintang) sampai dengan akhir September 2021 telah mencapai 74,37% dari target Rp818,45 M.

    Penerimaan perpajakan untuk wilayah Kabupaten Kapuas Hulu terealisasi sebesar Rp 186,004 M. Dari sisi jenis pajak, PPN dan PPnBM memiliki kontribusi terbesar yaitu 68,44% disusul PPh Non Migas 22,53% serta PBB dan BPHTB sebesar 9,02%. 

    Sementara dari sisi sektor pajak, Sektor Pertanian Kehutanan dan Perikanan menyumbang sebesar 39,38%, sektor konstruksi sebesar 21,41%, Administrasi Pemerintahan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 12,10%, sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor sebesar 9.33% dan sektor industri pengolahan juga berkontribusi 9,06%.

    Pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan pemberian piagam penghargaan kepada Satker mitra kerja.

    Penandatanganan Pakta Integritas memastikan pelaksanaan penyaluran APBN melalui KPPN Putussibau berjalan tertib, transparan dilaksanakan oleh Kepala KPPN Putussibau dengan KPA Satker mitra kerja. Hal ini untuk dan akuntabel.

    Selain itu juga merupakan bentuk perwujudan gerakan anti korupsi, KPPN Putussibau merupakan instansi pertama di Kabupaten Kapuas Hulu yang memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN dan RB.

    Pemberian piagam penghargaan oleh KPPN Putussibau kepada Satker Mitra Kerja yang memiliki kinerja terbaik untuk beberapa kategori. 

    Kategori Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan  Anggaran Satker dengan pagu lebih dari Rp5 M diberikan kepada KPPBC Nanga Badau sebagai peringkat pertama, Polres Kapuas Hulu sebagai peringkat kedua dan Kantor UPBU Pangsuma sebagai peringkat ketiga.

    Kategori Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Satker dengan pagu kurang dari Rp5 M diberikan kepada MAN 1 Kapuas Hulu, Stasiun Meteorologi Pangsuma dan MTsN 3 Kapuas Hulu sebagai peringkat pertama, kedua dan ketiga. Kategori Kepatuhan Pengelolaan Rekening diberikan kepada KPPBC Nanga Badau, Polres Kapuas Hulu dan Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu sebagai peringkat pertama, kedua dan ketiga. 

    Kategori Kecepatan dan Ketepatan Penyampaian Rekosiliasi diberikan kepada Polres Kapuas Hulu, Balai Besar TNBK-DS dan Rutan Putussibau serta Kategori Kecepatan dan Ketepatan Penyampaian LPJ Bendahara peringkat pertama dan kedua diberikan kepada Kantor Kemenag Kab Kapuas Hulu dengan kode satker 418751 dan 418753 serta peringkat ketiga diberikan kepada Polres Kapuas Hulu. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak