Recent comments

  • Breaking News

    Dukung Program Pemerintah, Kencana Group Region Sejiram Wujudkan Kapuas Hulu Bebas Bencana Karhutla dan Kabut Asap

    Simulasi penanggulangan Karhutbunla.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kencana Group Region Sejiram, menggelar sosialisasi dan pelatihan penanggulangan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla), bertempat di Clubhouse SJRE, Desa Nanga Seberuang, Kecamatan Semitau, Rabu (07/06/2023).

    Gelar apel siaga Karhutbunla.
    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, yang diwakili Kepala Bidang Perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu, Manggala Agni Daops Semitau, Muspika Seberuang, Semitau, Silat Hulu dan Silat Hilir.

    Sosialisasi penanggulangan Karhutbunla.
    Hadir pula para Kepala Desa, Kepala Dusun dan Ketua Adat serta Temenggung, yang berada di wilayah PT. AMS, PT. DNL dan PT. PMS.

    Apel siaga Karhutbunla.
    Humas Region Sejiram, Agus Priyanto, menyatakan, sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutbunla tersebut dilakukan oleh pihaknya, dalam rangka mendukung program pemerintah, untuk mewujudkan Kabupaten Kapuas Hulu bebas dari bencana kebakaran hutan, lahan dan kebun, serta bencana kabut asap.

    "Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Karhutla ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan kita siap bersinergi dengan semua pihak dalam penanggulangan Karhutla," ujar Agus Priyanto, Rabu (07/06/2023) malam.

    Pelatihan Karhutbunla.
    Ia menjelaskan, pihak perusahaan beserta unsur pemerintah, mulai dari pemerintah Kabupaten, Kecamatan hingga pemerintah Desa serta elemen masyarakat, berkomitmen membangun kerjasama dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan pencegahan terjadinya Karhutla di sekitar wilayah kerjanya.

    Foto bersama usai kegiatan.
    Sementara itu, Kepala Manggala Agni Kabupaten Kapuas Hulu, Ade, mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, agar waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), sehingga Region Sejiram PT. Anugrah Makmur Sejati (AMS), PT. Dutanusa Lestrai (DNL), dan PT. Primanusa Lestari (PMS), kembali mengadakan pelatihan tahunan dan simulasi pengendalian bahaya Karhutla.

    Dijelaskannya, pelatihan tahunan dan simulasi pengendalian bahaya Karhutla tersebut digelar bersama Manggala Agni, Instasi Pemerintahan dan masyarakat di sekitaran areal Perusahaan  di wilayah Kecamatan Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

    "Kegiatan pelatihan dan simulasi tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya, untuk seluruh pemegang kepentingan di daerah perusahaan terutama daerah Region Sejiram, dengan tujuan untuk membangun dan meningkatkan sinergitas antara perusahaan dan masyarakat di sekitar lokasi perkebunan, dimana saat ini Manggala Agni telah membina 6 (enam) tim Satgas Penanggulangan Karhutla, dengan jumlah total sebanyak 90 orang yang tersebar di empat Estate, yaitu PT. Anugrah Makmur Sejati, PT Dunanusa Lestari, dan PT Primanusa Lestari," terang Ade.

    Menurut Ade, masyarakat sekitar juga memliki peranan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dari bahaya Karhutla. Oleh karena itu, dengan adanya pelibatan masyarakat dalam memitigasi Karhutla, menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak Karhutla.

    "Karhutla bukan hanya tanggungjawab pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk sektor perkebunan kelapa sawit dan masyarakat, dimana dengan adanya kegiatan ini, maka akan meningkatkan sinergi dan rasa kepedulian dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla," tutur Ade.

    Ia menegaskan, dengan adanya dukungan dan kerjasama dari masyarakat, Region Sejiram berkomitmen untuk sepenuhnya memastikan kebijakan tanpa bakar termasuk melakukan pemantauan berkesinambungan dan mengelola risiko kebakaran demi terciptanya lingkungan yang aman dan berkelanjutan.

    "Region Sejiram berkomitmen untuk sepenuhnya memastikan kebijakan tanpa bakar termasuk melakukan pemantauan berkesinambungan dan mengelola risiko kebakaran demi terciptanya lingkungan yang aman dan berkelanjutan," ungkapnya.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, yang bertindak sebagai pembina apel dalam sosialisasi pencegahan dan pengendalian Karhutla tersebut, menyatakan apresiasi kepada pihak Kencana Group Region Sejiram, yang telah rutin mengadakan sosialisasi dan pelatihan pencegahan dan pengendalian Karhutla di wilayah kerjanya.

    "Kegiatan ini sangat positif, dengan tujuan mendukung program pemerintah, untuk menjadikan Kapuas Hulu bebas dari bencana kebakaran dan kabut asap. Hal ini juga merupakan bukti bahwa perusahaan telah siaga," kata Gunawan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan