Recent comments

  • Breaking News

    Pugar Rumah Betang Lunsa Hilir Senilai Rp19 Miliar Dimulai

    Penancapan tiang pertama pemugaran Rumah Betang Lunsa Hilir.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menancapkan tiang pertama pemugaran (rehabilitasi) Rumah Betang Lunsa Hilir, yang terletak di Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (09/07/2023).

    Dengan telah ditancapkannya tiang pertama tersebut, menandakan bahwa pemugaran terhadap rumah betang yang merupakan cagar budaya tersebut secara resmi dimulai.

    Adapun anggaran dalam pemugaran tersebut yakni sebesar Rp19 miliar, yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat, melalui Kementerian PUPR.

    Penancapan tiang pertama itu dilakukan dengan prosesi adat Dayak Taman Kapuas, melalui Kelompok Pelestari Adat Lunsa Hilir, dimana berdasarkan tradisi Dayak Taman, tancap betang selalu ada ritual.

    Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan, keinginan renovasi atau rehabilitasi cagar budaya Betang Lunsa Hilir tersebut telah sejak lama disuarakan masyarakat.

    "Pada waktu kunjungan Menteri PUPR bersama Ketua Komisi V DPR-RI waktu itu sengaja dibawa ke betang Lunsa Hilir ini, agar mereka dapat melihat keperluan renovasi, dan akhirnya diperhatikan," kata Bupati.

    Bupati berharap agar rehabilitasi rumah Betang Lunsa Hilir tersebut dapat selesai tepat waktu.

    "Masyarakat setempat maupun pihak pelaksana harus saling mendukung selama proses rehabilitasi ini," tuturnya..

    Sebelumnya, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, didampingi Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, telah menghadiri sosialisasi terkait rehabilitasi cagar budaya Rumah Betang Lunsa Hilir tersebut, pada Kamis (06/04/2023) lalu. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan