Recent comments

  • Breaking News

    Dinas Lingkungan Hidup Kapuas Hulu Apresiasi Aksi Pungut Sampah di Karangan Pala Pulau

    Aksi pungut sampah di Karangan Pala Pulau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, beserta Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu dan Komunitas Peduli Lingkungan, serta pedagang asongan, melakukan aksi pungut sampah, di pantai Karangan Pala Pulau, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (01/08/2023).

    Sebelum aksi pungut sampah tersebut dilakukan, terlebih dahulu dilaksanakan Apel Koordinasi, dalam rangka persiapan, agar aksi pungut sampah tersebut berjalan lancar.

    Apel Koordinasi (briefing) sebelum melakukan aksi pungut sampah.
    Kegiatan yang diinisiasi oleh Kasubnit Binmas Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu, Aipda Belmi H. Siallagan, S.A.P itu, diikuti langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (P2LH), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, Sulastri, S.ST., M.A.P.

    Sampah-sampah yang dikumpulkan yang telah dimuat di truk sampah.
    Atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, Sulastri mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pihak Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu, khususnya kepada Aipda Belmi H. Siallagan dan Komunitas Peduli Lingkungan serta pihak yang terlibat lainnya, yang sudah bekerjasama dalam membantu mengedukasi dan menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, agar terbebas dari sampah.

    "Dalam kegiatan tersebut, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Hulu, membagikan masker dan sarung tangan kepada para relawan untuk memungut sampah yang berserakan di sekitar pantai Karangan Pala Pulau. Selain itu, kami juga membagikan kantong plastik sampah kepada para pedagang asongan yang berjualan di sekitaran pantai Karangan Pala Pulau untuk menyimpan sampah dagangannya," tutur Sulastri, dihubungi Rabu (02/08/2023).

    Sulastri menyatakan, dari aksi yang dilakukan tersebut, total sampah yang terkumpul berkisar 30 kilogram.

    "Sampah-sampah tersebut terdiri dari gelas plastik, sedotan dan kantong plastik," ujar Sulastri.

    Adapun dalam aksi tersebut, Kasubnit Binmas Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu, Aipda Belmi H. Siallagan, S.A.P. melakukan edukasi dan menghimbau kepada peserta apel agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, dimana harus menyiapkan kantong sampah dari rumah masing-masing, yang kemudian sampah yang dihasilkan agar dibawa pulang atau dibuang pada tempatnya.

    Aksi pungut sampah.
    Belmi juga mengingatkan kepada para penjual asongan yang menjual jajanan di pantai tersebut, untuk bertanggungjawab atas kebersihan pantai serta menghimbau kepada para pengunjung agar menjaga kelestarian Sungai Kapuas, untuk menghindari pencemaran lingkungan dan pencemaran air.

    "Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran, edukasi dan menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai demi kepentingan bersama dan menjaga habitat di dalam sungai, seperti ikan, serta mencegah timbulnya penyakit seperti demam berdarah karena nyamuk berpotensi berkembang biak di tumpukan sampah yang berair," terang Belmi. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan