Recent comments

  • Breaking News

    Pastikan Personil dan Alat Siaga, Tiga Pilar Bunut Hulu Cek Posko Karhutla

    Tiga pilar Kecamatan Bunut Hulu, saat melakukan pengecekan terhadap alat-alat yang akan digunakan untuk penanganan Karhutla.
    KAPUAS HULU, Uncak.com  - Musim kemarau yang terjadi saat ini berpotensi menimbulkan kebakaran, khususnya kebakaran hutan dan lahan, meskipun titik panas (hotspot) tidak setiap saat muncul, namun keberadaannya harus diwaspadai agar tidak menjadi titik api yang dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

    Pemerintah melalui instansi terkait saat ini gencar melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat, tentang larangan dan bahaya membakar hutan, lahan maupun kebun, dimana masyarakat diminta untuk tidak membakar lahan sembarangan di tengah puncak musim kemarau saat ini.

    Sebagaimana yang dilakukan oleh tiga pilar Kecamatan Bunut Hulu, yang terdiri dari Camat, Danramil dan Kapolsek. Mereka melakukan pengecekan Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kecamatan setempat, yang terpusat di Makoramil 1206-13/Bunut Hulu, di Desa Nanga Suruk, Selasa (05/09/2023).

    Dalam pengecekan tersebut, turut serta pula Kepala Desa Nanga Suruk, personil Polsek Bunut Hulu dan anggota Koramil 1206-13/Bunut Hulu.

    Pada kesempatan itu, Camat Bunut Hulu yang didampingi Kapolsek dan Danramil melakukan pengecekan perlengkapan dan peralatan penanggulangan Karhutla.

    Camat Bunut Hulu, Joko Kusmanto, mengatakan, dalam rangka menangani dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, setiap posko harus siap sedia termasuk kesiapan personil dan peralatan.

    “Pengecekan ini untuk melihat secara langsung kesiapsiagaan petugas yang berada di Posko Karhutla, serta mengecek peralatan dan semua sarana, agar siap pakai,” kata Camat Bunut Hulu, Joko Kusmanto, melalui keterangan tertulis, yang diterima awak media ini, Rabu (06/08/2023).

    Menurut Camat, dalam menangani kebakaran hutan dan lahan, yang pertama harus dipastikan ialah kesiapan peralatan, sehingga tidak terjadi kendala di lapangan saat memadamkan api.

    "Syukur alhamdulillah, dalam pengecekan Posko ini semua peralatan siap. Demikian pula kesiapan personil. Bagi kami, yang terpenting adalah, baik TNI, Polri maupun Pemerintah Kecamatan dan Desa, agar tetap siaga, serta selalu berkoordinasi dengan semua pihak, mulai dari Masyarakat Peduli Api (MPA) hingga warga setempat,” ungkap Camat. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan