Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Sebut Ada 22 Sub Suku Dayak di Kapuas Hulu yang Eksis Saat Ini

    Festival Budaya Kayaan Mendalam ke-IV.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Festival Budaya Kayaan Mendalam ke-IV yang dibuka secara resmi pada Rabu (15/11/2023) malam lalu oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, di Desa Datah Diaan, Kecamatan Putussibau Utara, kali ini kembali ditutup oleh Bupati Kapuas Hulu, Sabtu (18/11/2023) malam.

    Pembagian hadiah kepada pemenang.
    Acara penutupan tersebut berlangsung meriah, di mana dihadiri oleh ribuan masyarakat.

    Beragam pertunjukan kebudayaan Kayaan Mendalam disuguhkan dalam acara puncak tersebut. Selain itu, para pengunjung juga dihibur oleh Dj Jon Delonge featuring Angy Lay dan beberapa artis lokal lainnya.

    Festival Budaya Kayaan Mendalam ke-IV.
    Pada kesempatan itu, Bupati Fransiskus Diaan mengatakan bahwa Festival Budaya Kayaan Mendalam tersebut melibatkan kalangan anak-anak hingga orang tua.

    "Saya sangat senang melihat kegiatan ini karena ada kebudayaan yang sudah lama tidak terlihat pada Suku Dayak Kayaan Mendalam, namun lewat kegiatan ini para orang tua bisa mempertunjukkan dan mentransfer ilmu pengetahuan budaya mereka kepada anak-anak atau kepada generasi muda yang merupakan generasi penerus," ujarnya.

    Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan tersebut sehingga bisa berjalan dengan baik.

    "Budaya harus kita padukan dengan mengikuti era modern saat ini, agar menjadi potensi besar, untuk mendorong pariwisata di Kapuas Hulu," terang Bupati.

    Dijelaskan Bupati, sub suku Dayak di Kapuas Hulu cukup banyak yakni ada 22 sub suku Dayak yang eksis saat ini. Selain itu, banyak pula suku lainnya di Kapuas Hulu.

    "Perbedaan ini hendaknya bisa dipadukan dan membuat Kapuas Hulu semakin berwarna dengan ragam budaya, di mana banyak festival dan kegiatan yang diadakan oleh suku-suku lainnya yang ada di Kapuas Hulu. Ini harus kita pertahankan terus," ungkapnya.

    Bupati berpesan kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut, baik peserta yang berhasil meraih kemenangan maupun yang belum berhasil meraih kemenangan, agar tetap semangat dalam mengembangkan kemampuannya masing-masing.

    Sebagaimana diketahui, ada sembilan ragam jenis perlombaan yang dipertunjukkan oleh masyarakat Kayaan Mendalam pada kegiatan tersebut. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan