Recent comments

  • Breaking News

    Penerimaan Siswa Baru SDN 4 Putussibau Tanpa Tes

    Suasana penerimaan siswa baru pada SDN 4 Putussibau
    Putussibau (Berita Uncak) - Animo masyarakat khususnya orang tua untuk menyekolahkan anaknya serta melanjutkan jenjang pendidikan di sekolah sangat tinggi. Terlihat saat pembukaan serentak disetiap tingkatan baik SD, SMP maupun SMA di Kabupaten Kapuas Hulu. Salah satunya SDN 4 Putussibau Jalan Pendidikan Putussibau Utara, terlihat ramai orang tua dengan membawa langsung anak-anaknya untuk mendaftar pada SDN 4 Putussibau tahun ajaran 2016.

    Saat ditemui, Plt. Kepala SDN 4 Putussibau, Wenefrida Hubung, S.Pd.SD, menuturkan bahwa, pada hari ini berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kapuas Hulu, bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dibuka mulai dari tanggal 20 Juni sampai 25 Juni 2016.

    Untuk tahun ini, SDN 4 Putussibau hanya menerima jumlah kuota murid 92 orang, karena memang kemampuan kelas untuk menampung murid baru hanya 92 orang saja. Jika jumlah tersebut sudah terpenuhi dalam satu hari, secara otomatis kita akan tutup pendaftarannya. "Tidak mungkin kita buka sampai tanggal 25 Juni 2016, sementara kita hanya bisa menerima 92 orang saja," katanya.

    PPDB SDN 4 Putussibau ini tentu mengacu pada kriteria wajib belajar 9 tahun, yaitu umur 7 sampai 9 tahun. Itu wajib kita laksanakan walaupun tidak memiliki Surat Keterangan Taman Belajar (SKTB) dari Taman Kanak-kanak (TK) Kalau memang tidak ada umur yang cukup 7 tahun kita tetap menerima umur yang 6 tahun atau kurang sedikit dari 6 tahun. "Karena dalam hal penerimaan siswa baru untuk tingkat SD tidak dibolehkan ada kriteria atau syarat khusus seperti tes dan lain sebagainya yang bisa memberatkan anak untuk masuk SD," jelas Wenefrida kepada media ini, Senin (20/6/2016).
    Wenefrida juga menambahkan, kalau dalam PPDB serta daftar ulang siswa kenaikan kelas, kita tidak ada melakukan pungutan biaya dan gratis. Hanya saja untuk memenuhi kebutuhan peserta didik baru, kita memungut biaya pengadaan baju seragam dan olahraga yang disediakan oleh pihak sekolah, ungkapnya.

    Ketua panitia PPDB SDN 4 Putussibau, Utin Fatimah Syam, S.Pd.SD, mengatakan dalam penerimaan peserta didik baru kita tidak melakukan biaya pungutan. Hanya saja kita pungut biaya untuk baju seragam batik sebesar Rp135.000 dan baju olahraga Rp125.000, karena setiap siswa baru yang mendaftar secara otomatis langsung diterima sebagai murid SDN 4 Putussibau. Maka dari itu pihak sekolah langsung menyediakan baju batik dan olahraga sesuai kuota murid yang kita butuhkan, ucapnya.

    "Memang ada kita meminta biaya lain tetapi sifatnya sukarela, tidak kita tentukan dan dipaksakan jumlahnya. Ini kami lakukan untuk membantu apabila ada diantara murid baru yang tidak mampu dan belum bisa langsung untuk membayar biaya baju batik dan olahraga tersebut," jelas Syam. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro