Recent comments

  • Breaking News

    Perlu Kesadaran Masyarakat Untuk Tangani Masalah Sampah

    Putussibau (Berita Uncak) - Sampah merupakan masalah lingkungan yang terjadi dimana-mana, khususnya di Kota Putussibau, yang mana merupakan pusat Kota Kabupaten Kapuas Hulu yang masih memiliki masalah dengan sampah. Masih banyak sekali sering kita temui diberbagai tempat sampah-sampah menumpuk dan berserakan, mulai ditepi-tepi jalan, selokan, bahkan sampai di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) umum hingga disungai-sungai. Ironisnya lagi tumpukan sampah tersebut berada ditengah Kota Putussibau baik pada fasilitas umum maupun pada TPS yang sudah disediakan, bahkan banyak dari masyarakat kita yang masih membuangnya kesungai.

    "Masalah sampah merupakan masalah yang sepele ketika masyarakat juga sadar dan ikut menjaga kebersihan lingkungannya, karena dimana-mana masalah sampah selalu menjadi polemik bagi masyarakat," kata Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir,SH, saat membuka Pelatihan Dasar Jurnalistik digedung Graha Kopri Putussibau, Kamis (5/5/16).  

    Kendala kita memang masih kurangnya TPS, karena tidak ada lokasi yang memadai sehingga tidak mengganggu lingkungan masyarakat serta fasiliutas umum. "Kadang juga sudah disediakan TPS nya, namun masih saja ada masyarakat yang kurang sadar dengan membuang sembarangan bukan pada tempatnya dengan alasan jauh dari TPS nya," tuturnya.

    Kami juga selaku Bupati selalu mengingatkan kepada dinas terkait khususnya Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kapuas Hulu untuk menyiapkan TPS diwilayah Kota Putussibau dan sekiutarnya, apakah disetiap wilayah Rt/Rw atau titik-titik yang tidak terlalu jauh dari jangkauan masyarakat untuk membuang sampah sehingga tidak ada lagi kita melihat sampah-sampah menumpuk dan berserakan. "Kalau tiap Rt/Rw sudah ada TPS tentu memudahkan bagi masyarakat untuk membuangnya. Tapi kalau masih juga berserakan berarti masyarakatnya yang kurang sadar dan perlu disadarkan," cetus Nasir, sambil tersenyum.

    Nasir juga menambahkan, memang kendala kita saat ini masih kurang tempat pembuangan sampah dikarenakan lokasinya banyak yang belum memadai. Namun kami dari Pemerintah Daerah terus berupaya untuk mencari solusinya dan berencana mencari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang jauh dari pemukiman masyarakat dan fasilitas umum sehingga tidak mengganggu dari segi kesehatan.
    "SDM serta kesadaran masyarakat kita juga sangat pengaruh sehingga masalah sampah ini bisa teratasi dengan sendirinya dengan membuang pada tempatnya," tutupnya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro