Recent comments

  • Breaking News

    Bupati dan Ketua DPRD Kunjungi Obyek Wisata Pulau Begansar


    Bupati dan Ketua DPRD Kapuas Hulu saat mengunjungi obyek wisata Pulau Begansar Kecamatan Bunut Hilir/ Amrin
    Putussibau (Berita Uncak) - Bupati Kapuas Hulu AM. Nasir, SH didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Rajuliansyah, S.Pd.I beserta rombongan mengunjungi obyek wisata Pulau Begansar, Sabtu (9/7/16). Kunjungan tersebut disempatkan disela-sela silaturahmi AM. Nasir beserta keluarga kekampung halamannya di Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir.
     

    Obyek wisata pulau begansar ini berada di Danau Bagut Dusun Kuala Buin Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu.


    Kepala Desa Entibab Kecamatan Bunut Hilir, Sudarso mengatakan, obyek wisata Pulau Begansar ini baru dibuka tahun ini untuk dikunjungi masyarakat ramai, karena akses jalan darat baru bisa dilewati. Sehingga masyarakat yang berada di Lintas Selatan bisa datang ketempat ini.


    "Ada 2 (dua) buah pulau yang aktif begansar dan berjalan atau berpindah tempat, yang mana jarak pulau tersebut berpindah bisa sampai ratusan meter jauhnya," kata Darso.


    Namun dimusim kemarau seperti ini jarang pulau tersebut begansar, tapi ketika air danau mulai naik atau pasang kita bisa menyaksikan langsung pulau tersebut begansar untuk berpindah tempat, jelasnya. 


    "Kita membuka obyek wisata ini untuk umum ramai dengan persiapan yang mendadak seminggu sebelum lebaran," ucap Darso.


    Tapi Alhamdulillah antosias warga yang ingin melihat langsung pulau begansar sangat ramai yang datang. Dan kita juga menyediakan hiburan Band untuk menghibur para pengunjung.


    "Kedepannya kami berharap bantuan serta kerja sama Pemda Kabupaten Kapuas Hulu dengan Desa untuk membantu mengembangkan obyek wisata ini agar lebih maju lagi, karena dengan adanya ciri khas Pulau Begansar ini menjadi daya tarik para wisatawan maupun pengunjung," harapnya.


    Dalam sambutannya, AM. Nasir mengatakan bahwa selama ini dirinya belum pernah melihat langsung bagaimana pulau ini begansar atau bergerak berpindah tempat, karena memang belum pernah ketempat ini.


    "Ini suatu hal yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Karena salah satu tempat wisata memang harus ada yang khas dan unik sehingga orang tertarik untuk datang langsung melihatnya," kata Nasir.


    Untuk menarik pengunjung, ada beberapa hal yang perlu dikembangkan dan dikemas sedemikian rupa dengan perencanaan yang lebih matang agar kedepannya obyek wisata Pulau Begansar ini tetap menjadi tujuan wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar, ungkapnya.


    Ini juga akan menjadi ingkam bagi Desa setempat dan pengelola Danau Bagut Pulau Begansar ini, sehingga tempat ini bisa dikembangkan lebih baik lagi terutama fasilitas disini agar para pengunjung merasa nyaman dalam berwisata kepulau Begansar ini, jelasnya.


    Karena ini persiapannya mendadak, maka kedepannya perlu dibenahi terutama tempat duduk atau pendopo agar para pengunjung merasa nyaman dan betah. "Hal yang lebih terpenting lagi harus dibuat WC umum, agar pengunjung tidak sembarang buang air kecil atau besar," pinta Nasir.


    Diharapkan juga kepada Kepala Desa agar bisa memanfaatkan ADD dan DD untuk mengembangkan obyek wisata yang ada didaerahnya. Buat perencanaan dan diusulkan kepada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu. "Harus pandai-pandailah para Kades mengolah anggarannya dengan baik, karena sekarang ADD dan DD semakin besar," ucapnya.


    Sebab jelas Nasir, kalau desa bisa mengembangkan potensi yang ada, pasti akan menjadi ingkam bagi desanya. Sehingga banyak yang bisa dibangun didesanya yang belum terserap oleh ADD maupun DD.

    Nasir juga menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pengunjung untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan di Danau Bagut Pulau Begansar ini berlangsung, himbaunya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro