Recent comments

  • Breaking News

    Larangan Karhutla, Dandim1206/Psb Siap Cari Solusi


    Foto: Dandim 1206/Psb, Budiman Ciptadi / (Amrin)
    Putussibau (uncak.com) Merespon protes para tumenggung yang tidak setuju dengan larangan buka ladang dengan cara dibakar, Rabu (27/7/16) Komandan Kodim 1206/Psb, Letkol Kav. Budiman Ciptadi menyatakan siap untuk mencari solusi terbaik.

    Menurut Dandim, selain mengambil sudut pandang kepentingan masyarakat adat, perlu juga dikaji lebih jauh terkait dampak dari buka lahan dengan cara bakar.

    “Mencegah Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) adalah perintah Presiden RI, Joko Widodo. Kita tahu, negara ini mengalami kerugian yang besar karena akibat dari kebakaran hutan dan lahan. Hubungan negara kita dengan negara tetangga juga menjadi tidak harmonis, indonesia dapat hujatan,” terang Budiman.

    Presiden menginstruksikan itu, kata Budiman agar tidak ada lagi karhutla secara berkelanjutan, karena selama ini hampir setiap tahun Karhutla terjadi.

    “Supaya tidak ada dampak buruk, jadi Karhula harus dihentikan, demikian juga buka ladang cara bakar. Dampaknya negatifnya banyak, dari sisi kesehatan dan lainnya. Saya bahkan merasakan sendiri dampaknya itu dari imbas Karhutla kemarin,” imbuhnya.

    Masalah Karhutla ini, kata Dandim tidak boleh hanya mementingkan kepentingan satu kelompok. Jikalau masyarakat adat terkendala dari pelarangan bakar hutan, bisa dipikirkan bagaimana solusinya secara bersama-sama, aparat keamanan, masyarakat dan pemerintah.

    “Namun masyarakat adat juga perlu memperhatikan dampak asapnya, dihirup generasi Indonesia, sehingga dapat mengganggu produktifitas generasi kedepan,” tegas Dandim.

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak