Recent comments

  • Breaking News

    Supervisi PAUD dan Dikmas Merupakan Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

    Foto: Kegiata supervisi/pembinaan satuan PAUD dan Dikmas Kabupaten Kapuas Hulu. (Uncak.com / Amrin)
    Putussibau Utara (Uncak.com) – Salah satu upaya peningkatan mutu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah melalui kegiatan supevisi oleh pengawas. Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kapuas Hulu dengan mengadakan kegiatan supervisi lembaga PAUD dan Dikmas dalam mengakreditasi lembaga PAUD dan Dikmas, di aula kantor Disdikpora, Jalan Danau Luar Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (15/9/16).

    Dalam kegiatan tersebut hadir tim supervisi lembaga PAUD dan Dikmas pusat region IV Kalimantan Selatan yaitu khusus pulau Kalimantan Ilhamsyah,SE,.M.Si, tim supervisi Kabupaten Kapuas Hulu melalui Kasi PAUD Disdikpora Kapuas Hulu Hj. Sri Siti Haslindar,S.Pd, Kabid PNFI Disdikpora Kapuas Hulu Muhammad Suhada,A.Md,Pd,.SE, Guru TKN Pembina Kapuas Hulu Purwati,S.Pd, dari Kemenag Kapuas Hulu Sumayuni,S.Pd.I, serta 3 (tiga) lembaga yang bakal diakreditasi yaitu TKN Pratiwi Putussibau, PAUD Ratih Pratiwi dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Eka Dyla Putussibau, dengan jumlah peserta sekitar 20 orang.

    “Pelaksanaan supervisi ini selain untuk mengakreditasi lembaga PAUD yang ada juga memberikan tuntunan atau pembinaan bagi setiap satuan PAUD dan Dikmas yang dalam pelaksanaannya sesuai dengan standar pendidikan nasional,” kata Ilhamsyah, SE,.M.Si, Kamis (15/9/16). 

    Meningkatkan mutu kinerja pendidik dan tenaga kependidikan sehingga berhasil membantu dan membimbing peserta didik dalam mencapai presentase belajar yang diharapkan, supaya terlaksana kegiatan supervisi satuan PAUD dan Dikmas dalam penyelenggaraan program PAUD dan Dikmas tahun 2016 di wilayah koordinasi kerja Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BPPAUD) dan Dikmas Kalimantan Selatan, jelasnya.

    Diharapkan kepada sekolah maupun lembaga agar bisa meningkatkan mutu pendidikannya yaitu melalui proses belajar mengajar disekolah yang mana guru merupakan peran utama disekolah. “Atas dasar inilah peran guru serta pembina dapat meningkatkan pendidikan dan pembelajaran secara keseluruhan,” harap Ilhamsyah.

    Dalam sambutannya, Hj.Sri Siti Haslindar mengatakan bahwa tujuan supervisi pendidikan merupakan program pemerintah dalam membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan program pembelajaran.

    Oleh karena itu, guru dituntut untuk bisa menyusun teknik-teknik pembinaan atau supervisi pendidikan baik di kelas, pertemuan rapat dewan guru, kunjungan antar kelas dan sekolah, serta kegiatan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, tegasnya.

    “Supervisi pendidikan merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu serta prestasi pendidikan,” katanya.

    Maka saya berharap kepada lembaga PAUD dan LKP yang sudah didatangi atau dikunjungi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) supaya lebih melengkapi lagi data yang masih kurang atau belum lengkap, sehingga di tahun mendatang Kabupaten Kapuas Hulu bisa lebih meningkat lagi lembaga PAUD dan Dikmas dalam memberanikan diri untuk di akreditasi, harapnya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro