Recent comments

  • Breaking News

    Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat di Daerah Penyangga TNBKDS

    Kegiatan peningkatan kapasitas kelompok masyarakat di daerah penyangga TNBKDS.

    Kapuas Hulu, [Uncak.com] – Dalam rangka pelestarian sumberdaya alam di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) serta penunjang pembangunan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat di desa-desa tersebut perlu peran dan kerjasama semua pihak.

    Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) sebagai unit pengelola teknis ke dua kawasan taman nasional tersebut bersama Pemkab Kapuas Hulu yang didukung oleh semua pihak seperti kelompok masyarakat, LSM dan swasta sangatlah penting dalam meningkatkan pembangunannya terhadap masyarakat di wilayah TNBKDS.

    Dalam meningkatkan pembangunan serta taraf hidup masyarakat di kedua wilayah tersebut, BBTNBKDS Kapuas Hulu menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat di Daerah Penyangga TNBKDS, bertempat di Deo Soli Putussibau tanggal 28-29 November 2016 lalu.

    Dalam kegiatan selama dua hari tersebut diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang dari 17 desa yang berada dalam dua kawasan taman nasional tersebut dan secara resmi dibuka oleh Drs.H.Mohammad Yusuf, M.M Asisten III Bidang Umum dan Organisasi Pemda Kabupaten Kapuas Hulu.

    Dalam sambutannya Mohammad Yusuf menyampaikan kepada para peserta agar senantiasa melestarikan sumber daya alam. Jangan sampai melakukan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip kelestarian, karena akan mendatangkan dampak dan bencana yang akan merugikan masyarakat itu sendiri.

    “Maka siapkan program dan perencanaan yang baik sebelum melaksanakan pembangunan serta kegiatan yang berkesinambungan sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

    Sehingga strategi pembangunan dalam meningkatkan kapasitas bagi organisasi atau kelompok dapat menciptakan produk-produk unggulan serta membangun jaringan pasar yang secara keseluruhan akan sangat berguna di dalam mengembangkan kelompoknya, jelasnya.

    Yusuf juga mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman bagi peserta terkait program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, harapnya.

    Para peserta saat mengikuti kegiatan selama dua hari.
    Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu Ir.Arief Mahmud,M.Si, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu mensinkronkan program-program sektor Perkebunan dan Kehutanan, Perikanan dan Pariwisata diantara stakeholder.

    Selain itu, mengidentifikasi dan menginventarisir kelompok-kelompok masyarakat di desa penyangga, mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pada kelompok masyarakat serta merumuskan permasalahan dan saran perbaikan, tambahnya.

    Oleh karena itu, masyarakat yang menjadi peserta pada kegiatan ini merupakan kelompok masyarakat yang bergerak di sektor perkebunan dan kehutanan, perikanan dan pariwisata yang berada dalam wilayah TNBKDS tersebut, terang Arif.

    Kegiatan ini juga terselenggara atas hasil komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisatadan, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu serta dengan mitra TNBKDS yaitu WWF, Riak Bumi dan KOMPAKH, tuturnya.

    Dalam kegiatan tersebut tampak antusias para peserta mengikutinya dari awal sampai akhir acara. “Banyak juga masukan dan pertanyaan yang mereka sampaikan berkenaan dengan pengembangan usaha masyarakan di berbagai sektor,” ungkap Arif.

    Ada juga dari peserta mengharapkan kegiatan ini tidak sampai disini saja, namun perlu tindaklanjut guna penguatan kelompok-kelompok masyarakat pada tahapan fasilitasi yang didasarkan pada kebutuhan yang berkembang dari kegiatan sebelumnya, pungkasnya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak