Recent comments

  • Breaking News

    Mengenal Penyakit Migrain

    Kapuas Hulu, [uncak.com] - Migrain adalah  nyeri kepala yang biasanya hanya menyerang satu sisi kepala saja. Nyeri yang dirasakan biasanya seperti ditusuk dan berdenyut. Penyakit ini tiga kali lebih sering menyerang wanita daripada pria.

    Migrain biasanya timbul dengan berbagai pemicu, seperti stress, hormon, lingkungan dan lain-lain. Nyeri yang dirasakan oleh penderita migrain dapat menjalar ke daerah sekitar mata dan dahi serta dapat menimbulkan gejala lain seperti mual, muntah serta gangguan penglihatan.

    Sebelum muncul gejala migrain, terkadang penderita dapat mengalami gejala yang disebut Aura. Aura ini dapat berupa pandangan kabur hingga melihat bintik-bintik cahaya. Aura ini dapat muncul beberapa jam sebelum gejala migrain muncul. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami gejala Aura tersebut. 

    Faktor lingkungan dapat memicu terjadinya migrain, yang paling sering adalah melihat cahaya yang menyilaukan seperti pantulan cahaya matahari di laut atau sungai, cahaya televisi yang terlalu kuat dan lain-lain. Selain itu, rasa cemas dan stress juga dapat memicu timbulnya gejala migrain. Pola makan yang tidak teratur dan kurang tidur juga dapat menjadi pemicu terjadinya migrain. Beberapa makanan juga dapat memicu terjadinya migrain seperti cokelat, keju, kecap dan produk MSG/penyedap rasa. 

    Gejala migrain dapat menetap selama 4-72 jam atau lebih dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Segera periksakan diri anda ke dokter atau puskesmas untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. 

    Selain dengan pengobatan, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dirumah untuk meredakan gejala migrain yaitu berbaring diruangan yang tenang dan minim cahaya, lakukan pijatan lembut didaerah kepala yang sakit serta kompres dingin di area dahi dan leher bagian belakang. 

    Selain itu, kenalilah faktor pemicu yang dapat menimbulkan migrain pada anda, sehingga bisa dihindari agar gejala migrain tidak berulang.

    (dr. Anggie Cahyadi)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro