Recent comments

  • Breaking News

    Mengukur Kinerja Polres Kapuas Hulu Dengan ITK Melalui Responden Eksternal

    Pertemuan seluruh elemen dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi Polri dengan ITK melalui Responden Eksternal, di ruang pertemuan Polres Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Uji instrumen pengukuran kinerja pelaksanaan reformasi birokrasi Polri dengan menggunakan Indeks Tata Kelola (ITK) melalui Responden Eksternal, yang diselenggarakan di Ruang pertemuan Polres Kapuas Hulu, Selasa (14/3/17).

    Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kapuas Hulu, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Putussibau, Dinas Perhubungan Kapuas Hulu, Imigrasi Putussibau, LSM pemerhati Perbatasan, Insan Pers dan Tokoh Masyarakat, serta para tamu undangan lainnya.

    Dalam kegiatan tersebut, Ketua tim ITK dari Mabes Polri Kombes Pol. Ano Munarto,SH.MH.SIK bekerjasama dengan Lembaga Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kinerja dan tata kelola Pemerintahan, terutama pada Kepolisian.

    Pengukuran ITK ini lanjut Ano, sudah berjalan sejak tiga tahun lalu, dimana pengukuran ada tiga objek yakni wilayah perbatasan, wilayah perairan dan wilayah rawan konflik. “Selain mengukur ITK,  juga mentransfer pengetahuan dengan peningkatan tata kelola sesuai Nawacita,” tuturnya saat memberikan sambutan. 

    Terkait dengan sanksi apabila pencapaian ITK dari Responden tidak memenuhi target, Ano mengatakan tidak ada sanksi khusus atau sanksi tetap, namun tetap ada teguran agar mengevaluasi kinerja kedepannya,  jelasnya kepada wartawan usai kegiatan tersebut.

    Indeks tata kelola merupakan instrumen untuk mengukur kinerja dan capaian program reformasi birokrasi Polri berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola Kepolisian yang baik, yang bersifat objektif dan komprehensif sebagai landasan untuk pengambilan kebijakan dan tolak ukur kemajuan yang tidak dicapai serta alat untuk membandingkan secara objektif, fair dan akurat, terangnya.

    “ITK mencoba mengukur sejauh mana reformasi kultural ditubuh Polri yang telah bergulir selama ini, sehingga perubahan yang terjadi dapat dilihat secara jelas berdasarkan fakta dan data serta persepsi publik pengguna jasa Polri melalui Responden Eksternal,” jelas Ano.

    Dengan adanya ITK ini, Ano berharap agar dapat diperoleh manfaatnya berupa potret kinerja dan pencapaian reformasi birokrasi, harapnya.

    Ditemui ditempat terpisah usai kegiatan, Kapolres Kapuas Hulu,  AKBP. Sudarmin, SIK mengatakan, bahwa terkait dengan hasil uji kinerja yang dilakukan tim ITK bersama Lembaga Kemitraan bagi Pembaruan tata Pemerintahan melalui Responden Eksternal ini, apapun hasilnya nanti akan menjadi bahan evaluasi, "Kami akan berbenah diri, kekurangan nanti tentunya akan membuat kami berupaya untuk kearah yang lebih baik," pungkasnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro