Recent comments

  • Breaking News

    Satu Ekor Ikan Arwana Terjaring Pukat Warga

    Ikan Arwana yang didapat karena menyangkut pada jaring pukar warga.
    KAPUAS HULU, Uncak.com – Satu ekor indukan Ikan Arwana yang diperkirakan lebar 15 cm dan panjang 45 cm, terjaring pukat warga yang ditahan di salah satu sungai Sibau dalam sungai Lupit Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Jumat (10/3/17) sekitar pukul 17.00 WIB.

    Surya (52) warga Danau Kayan Putussibau Kota Kecamatan Putussibau Utara menuturkan bahwa dirinya tidak menyangka kalau ikan yang didapatnya adalah induk Ikan Arwana.

    Diceritakan Riyu akrab sapaannya, awal mula dirinya pergi keladang untuk mengangkut padi yang sudah diketam atau panen. Awal berangkat dirinya sudah menjenguk pukat yang ditahan di dalam sungai Lupit tersebut, namun tidak ada ikan yang dapat dan saya langsung pergi keladang.

    Setelah sudah beberapa kali saya pulang pergi mengankut padi kerumah menggunakan sampan, pas yang terakhir ketiga kalinya saya kembali lagi melihat pukat saya sekaligus ingin memindahkannya karena sungai lupit sudah mulai kering. Dari kejauhan saya sudah melihat ada ikan besar sudah terlentang menyangkut pada pukat saya dan saya kita ikan Belantau, tuturnya.

    Riyu (52) warga Danau Kayan bersama beberapa yang datang ingin melihat ikan Arwana yang didapat.
    “Setelah mendekati pukat, betapa terkejutnya saya ternyata seekor Ikan Arwana yang menyangkut pada pukat saya,” ucap Riyu.

    Akhirnya saya langsung angkat kedalam sampan saya kemudian saya melihat masih hidup, tanpa pikir panjang pukat saya sayat-sayat pada bagian ikan menyangkut dan langsung saya isi air sampan saya tanpa pedulikan apakah padi yang saya bawa basah atau tidak, asal ikan bisa hidup sampai kerumah, jelasnya.

    “Hanya berjarak sekitar 100 meter lebih dari tempat pukat saya, ketika sampai dibibir pantai saya langsung berlari keatas mengambil baskom besar untuk membawa ikan sampai kerumah dibantu anak saya. Sesampai dirumah langsung saya masukkan kedalam aquarium yang ada walau kecil,” katanya.

    Mendengar berita tersebut tampak para tetangga dan warga danau kayan yang mendengar langsung datang silih berganti ingin melihat ikan Arwana tersebut.

    “Sampai saat ini belum tau apa nantinya mau dijual atau tidak, karena harus kami bicarakan dulu dengan keluarga,” ungkapnya.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak