Recent comments

  • Breaking News

    Peserta Tes Ikuti Ujian Masuk SMKKN Samarinda di Kantor BBTNBKDS Putussibau

    Para peserta saat mengikuti tes tertulis dan wawancara.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Kantor Balai Besar (BBTNBKDS) Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menjadi tempat penyelenggaraan pelaksanaan tes masuk Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri (SMKKN) Samarinda – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

    “Tes yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 13 – 14 Mei 2017 ini, merupakan tes untuk kali kedua BBTNBKDS, yang dipercaya sebagai penyelenggara Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda tahun ajaran 2017/2018,” kata Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin Ir, Johnny Lagawurin saat memberikan sambutan, Sabtu (13/05/17).

    Lebih lanjut Johnny menjelaskan bahwa pada Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda tahun ajaran 2017/2018 ini diikuti 45 peserta se-Kabupaten Kapuas Hulu, yang merupakan terbanyak kedua setelah Provinsi Kalimantan Timur.

    Selain itu menurut Johnny, tes yang diujikan ada dua jenis yaitu tes tertulis dan tes wawancara. Untuk tertulis pelajaran yang diujikan terdiri dari Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Bahasa Inggris dan Psikotes yang dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tampak juga dari Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yang ditugaskan untuk memantau pelaksanaan ujian.

    Tes fisik para peserta tes ujian masuk SMKKN di Makodim 1206/Psb.
    Untuk pelaksanaan ujian masuk khususnya dihari pertama tidak ada kendala serta hambatan, semua berjalan lancar dan tertib selama pengisian soal oleh peserta. “Kita harapkan selama pelaksanaan ujian nya tidak ada hambatan sampai selesai nanti dan para siswa bisa lulus semua dengan nilai yang terbaik,” harapnya.

    Untuk diketahui bersama bahwa pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda yang dilaksanakan di Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Putussibau merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Bupati Kapuas Hulu dan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun lalu, sehingga pelaksanaan ujiannya di Putussibau, tambah Ir. Arief Mahmud, M.Si, Kepala Balai Besar TNBKDS.

    “Selain Putussibau, Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda hanya ada di Ibukota Provinsi, seperti Samarinda, Tarakan, Banjarbaru, Palangkaraya dan Pontianak. Kerjasama ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan berharap banyak peserta yang lulus tes,” jelasnya.

    Rabu, 17 Mei 2017, Sesuai Pengumuman Seleksi Tertulis dan Wawancara PPDB SMKKN Samarinda tahun pelajaran 2017/2018 nomor : PG. 706/SMKKN-1/5/2017 saat yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, pengumuman kelulusan tes tertulis dan wawancara. 

    “Peserta tes dari Provinsi Kalimantan Barat terbagi menjadi dua, yaitu Pontianak dan Putussibau. Peserta yang lulus di Putussibau 44 orang dari 45, sedangkan dari Pontianak lulus semua 10 orang,” terang Reny selaku panitia tes tertulis dan wawancara.

    Setelah lulus tes tertulis dan wawancara, selanjutnya peserta mengikuti tes fisik, anatomi dan mata, untuk wilayah Provinsi Kalimantan Barat lokasi tes di Markas Kodim 1206/Putussibau, tanggal 20-21 Mei 2017, tuturnya.

    Sersan Mayor Haryono selaku panitia tes fisik, mengaku kagum dengan peserta tes dari Putussibau yang sebagian besar terlihat kuat dan tangkas, sehingga dengan mudah menyelesaikan tes fisik, seperti lari, pull up, sit up dan vertical jump.

    Zulkarnain selaku orangtua dari Sugito dari Desa Leboyan, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu sangat berharap anaknya dapat lulus tes dan bekerja di bidang Kehutanan. Karena kami selama ini hidup dan bergantung pada Danau Sentarum, sehingga berharap nanti anaknya dapat ikut berperan serta dalam mengelola kawasan konservasi dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara lestari, terangnya.  

    Rilies TNBKDS: [Sarwono/Red]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak