Recent comments

  • Breaking News

    Wabup Kapuas Hulu Resmikan Pasar Kedah


    Penandatanganan serta Penguntingan Pita oleh Wabup Antonius L. Ain Pamero pada peresmian Pasar Kedah, Kapuas Hulu.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Wakil Bupati (WaBup) Kapuas Hulu Anton L. Ain Pamero meresmikan Pasar Kedamin Indah (Kedah) yang terletak di Kelurahan Kedamin Hulu Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (5/5/17) Pukul 09.00 WIB.

    Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dewan (Sekwan) Yohana Endang, Kepala Kemenag Kapuas Hulu Kusyairi Usman, perwakilan Polres Kapuas Hulu dan Kodim 1206/Psb, jajaran Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Forkopimda Kapuas Hulu, Muspika Putussibau Selatan, Ketua Pemuda Pancasila, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pedagang dan Masyarakat, serta para tamu undangan lainnya.

    Dalam sambutannya, Wabup mengatakan, bahwa dengan telah diresmikannya pasar Kedah ini, pedagang jangan ragu lagi untuk melakukan transaksi, sebab pasar tersebut sudah menjadi aset dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu.

    "Dibangunnya Pasar Kedah ini sebagai upaya Pemda dalam melihat peluang bagi pedagang, sebab perkembangan pasar di Kapuas Hulu sangat pesat," ujarnya.

    Pasar Kedah ini merupakan wilayah pengembangan pembangunan di Kapuas Hulu, seperti  Universitas, Rumah Sakit dan lain-lain. "Meskipun awalnya sepi, namun saya yakin suatu saat  pasti akan ramai, kuncinya sabar, giat, dan tekun dalam berusaha,” terangnya.

    Sesama pedagang yang sudah punya kios dan lapak di pasar Kedah ini lanjut Anton, harus bisa saling bekerjasama dan saling menghargai serta bersaing secara sehat dalam mengembangkan usaha, agar sama-sama berhasil.

    Anton berharap kepada pedagang dan masyarakat sekitar untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga fasilitas yang sudah ada, supaya para pembeli dapat berbelanja dengan nyaman, karena pasar ini milik bersama. "Semoga pasar Kedah ini bisa menjadi pusat perdagangan dan perekonomian lainnya terutama di wilayah Kedamin," harapnya.
    Yatik (50), pedagang Pasar Kedah.
    Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh menjelaskan bahwa asal usul dibangunnya pasar Kedah ini berdiri diatas tanah yang telah dihibahkan oleh Seorang pengusaha bernama Edi Suhita (Akok), yakni seluas 482 meter persegi, namun lahan ini sekarang sudah milik Pemerintah Daerah Kapuas Hulu, jelasnya.

    Lebih lanjut Chairul mengatakan, dibangunnya pasar Kedah ini merupakan Biaya yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Kementrian dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kapuas Hulu yang dibangun sejak tahun 2012 lalu, jelasnya.

    Sedangkan untuk kios dan lapak, jumlahnya sebanyak 20 kios dan 96 lapak. "Untuk kios semuanya sudah ditempati oleh pedagang, sedangkan untuk lapak dari 96 lapak, 48 lapak yang sudah ditempati," ungkapnya.

    Saleh meminta kepada pedagang supaya terus semangat dan tekun serta serius dalam melakukan usaha agar dapat berkembang dan sejahtera dari segi ekonomi. “Jika usaha berkembang, maka tentunya hidup akan lebih sejahtera," pintanya.

    Yatik (50) salah satu pedagang yang menempati lapak di Pasar Kedah yang merupakan warga Kedamin Hulu Putussibau Selatan mengatakan sangat bersyukur Pasar Kedah ini sudah diresmikan dan bisa dioperasikan.

    “Sudah 8 tahun saya berprofesi sebagai pedagang berjualan sayur di Pasar Pagi Putussibau. Dengan sudah dibukanya Pasar Kedah di Kedamin ini kami para pedagang yang dari Kedamin khususnya tidak jauh lagi berjualannya. Hal ini dikarenakan biaya ojek kami bagi yang tidak punya motor,” ungkapnya.

    Mudah-mudahan pasar kedah ini kedepan bisa jadi ramai dan jadi pusat belanja masyarakat baik Putussibau maupun Kedamin, harapnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad