Recent comments

  • Breaking News

    Kapolsek Putussibau Utara Lakukan Pengecekan di Daerah Rawan Longsor

    Kapolsek Putussibau Utara IPTU Salmansyah tinjau beberapa titik daerah rawan longsong.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Kapolsek Putussibau Utara IPTU Salmansyah beserta 4 (empat) orang anggotanya melakukan Patroli dan Pengecekan ke daerah-daerah yang dianggap berpotensi terjadinya longsor di wilayah hukum Polsek Putussibau Utara, Kamis (10/08/2017).

    Patroli dan Pengecekan ini tertuju pada daerah pemukiman warga yang berada di  Bantaran Sungai Kapuas Kelurahan Hilir Kantor dan Bantaran Sungai Sibau, Dusun Panggilingan, Desa Sibau Hilir. “Kami melakukan patroli dan pengecekan di daerah rawan Longsor ini dalam rangka antisipasi bencana alam dan sekaligus menyampaikan himbauan kamtibmas kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai, yang kita ketahui, pemukiman di sekitaran bantaran sungai sangat rentan terdampak bencana alam seperti longsor dan banjir," ujar IPTU Salmansyah Kepada uncak.com, Kamis.

    Dalam kegiatan patroli tersebut Polsek Putussibau Utara juga melakukan pendataan terhadap pemilk rumah yang berada di sekitaran bantaran sungai. “Hasil patroli yang Kami lakukan di daerah Bantaran Sungai Kapuas di Jalan Sibat Laut RT.001/RW.003 Kelurahan Hilir Kantor, terdapat lima rumah warga yang berada dalam radius 1 hingga 4 meter dari bibir sungai, hal ini sangat rawan terjadinya longsor yang dapat menyebabkan kerugian jiwa dan materil," terang Salman.
    Di desa Sibau Hilir lanjut Salman, ia cukup kaget sekaligus sedih ketika melihat kondisi disana. "Saat berada di bantaran Sungai Sibau di Dusun Panggilingan, RT.005/RW.001 Desa Sibau Hilir, saya menemukan satu rumah warga yang berada dalam radius satu meter milik Ab. Sarpini telah dibongkar oleh pemiliknya dikarenakan tanah dibawah rumahnya sudah terkikis longsoran akibat abrasi sungai," jelas Salman.
    Lebih lanjut Salman mengatakan, bahwa ditempat yang sama ia juga menemukan satu rumah betang warga yang didalamnya terdapat enam bilik rumah yang dihuni oleh enam Kepala Keluarga (KK), berada dalam radius lima meter dari bibir sungai. "Hal serupa juga kami temukan di bantaran Sungai Sibau di Dusun Panggilingan RT.007/RW.001, Desa Sibau Hilir, satu rumah panjang (betang) warga yang didalamnya terdapat tiga bilik rumah dan dihuni oleh tiga KK," tuturnya.

    Selain melakukan pendataan terhadap daerah rawan banjir dan rawan longsor di wilayah hukum Polsek Putussibau Utara, Salman beserta anggotanya juga menyampaikan himbauan sehubungan dengan lokasi rumah yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sangat rentan terjadinya longsor serta banjir. "Saya berharap agar setiap warga tersebut tetap siaga terutama saat hujan di malam hari, dan apabila terjadi gangguang atau bencana banjir maupun  longsor, diharapkan kerjasama dari seluruh warga untuk dapat segera menghubungi Polsek Putussibau Utara dan Bhabinkamtibmas agar dapat segera dilakukan penanganan, seperti membantu mengevakuasi warga," harapnya.

    Menurut Salman, memberikan rasa aman kepada masyarakat, adalah sudah menjadi bagian dari tugasnya. "Kami memang ditugaskan untuk Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat, pungkas IPTU Salmansyah.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad