Recent comments

  • Breaking News

    Sampah Kayu Menumpuk, Tagana Kapuas Hulu Kembali Adakan Baksos

    Tagana Kapuas Hulu saat lakukan pembersihan sampah kayu pada tiang penyangga Jembatan Kapuas,Putussibau.
    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Menjelang hari raya Qurban (Idul Adha) 1438 Hijriah, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kembali melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak, yakni dengan mengadakan kegiatan bakti sosial (Baksos).

    Dalam baksos kali ini, ketua dan para anggota Tagana Kapuas Hulu kembali membersihkan tumpukan sampah dan kayu yang menyangkut pada tiang penyangga utama jembatan Kapuas, Putussibau, Jumat (25/8/2017), dimana sebelumnya mereka juga sering melakukan hal yang sama.

    "Kami membersihkan tumpukan kayu dan sampah yang ada pada tiang penyangga utama jembatan Kapuas ini karena jembatan tersebut merupakan poros utama yang menghubungkan antara Kecamatan Putussibau Selatan dan Kecamatan Putussibau Utara, dimana jembatan tersebut juga merupakan jembatan yang dilalui antar Provinsi yang berusia sudah cukup tua sehingga rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Muhammad Hatta, ketua Tagana Kabupaten Kapuas Hulu kepada uncak.com, Jumat.

    Dijelaskan Hatta, bahwa anggota Tagana yang ikut dalam baksos tersebut sebanyak 27 orang. "Baksos ini kami lakukan mulai pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB, walaupun dengan peralatan sederhana dalam membersihkan tumpukan kayu yang ukurannya cukup besar, namun kami tetap berusaha meski susah untuk dibuang semua," jelasnya.

    Ketika melakukan pembersihan lanjut Hatta, tidak sedikit kendala yang ditemui karena minimnya peralatan yang digunakan. "Kami hanya menggunakan peralatan sederhana, sebab cuma itu yang kami punya, yakni pisau dan kapak, sementara tumpukan sampah dan kayu yang nyangkut banyak yang besar," terangnya.

    Lebih lanjut Hatta mengatakan, sewaktu ia bersama anggotanya membersihkan tumpukan kayu dan sampah pada tiang penyangga utama jembatan tersebut, ia mendapati bahwa masih ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sungai itu. "Sangat ironis, pada saat kami membersihkan sampah, masih ada saja warga yang membuang sampah sembarangan di sungai tersebut," ungkapnya.

    Hatta berharap kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Kapuas Hulu agar dapat menjaga kebersihan sungai dan jembatan Kapuas tersebut. "Semoga masyarakat dan kita semua bisa menjaga kebersihan sungai dan jembatan kapuas ini dari sampah-sampah yang seharusnya dibuang pada tempatnya, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan peduli untuk menjaga kebersihan, serta merawat fasilitas yang sudah ada di Bumi Uncak Kapuas ini," pungkas Hatta penuh harap.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak