Recent comments

  • Breaking News

    Sutarmidji: Pemekaran Provinsi Kapuas Raya Bisa Terwujud

    Sutarmidji, foto bersama dengan para tokoh masyarakat Kab. Sintang, Kalimantan Barat.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Isu pemekaran provinsi Kapuas Raya, akhir-akhir ini menjadi ramai diperbincangkan oleh warganet. Terlebih saat, Sutarmidji atau Bang Midji mengeluarkan statemen bahwa jika dirinya menjadi Gubernur Kalbar akan bisa mewujudkan provinsi Kapuas Raya.

    Tentu, janji Sutarmidji bukan sekadar janji namun memang sudah dia pertimbangkan matang-matang. Menurutnya, pemekaran Provinsi Kapuas Raya adalah hal yang realistis dan dapat diwujudkan.

    Dilansir kalbaronline.com, Sutarmidji mengatakan, sebelum pemekaran Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) - Kalimantan Utara (Kaltara), Provinsi yang paling layak dimekarkan adalah Kalimantan Barat (Kalbar). Alasannya  karena Kalbar penduduknya paling banyak dari provinsi yang ada di Kalimantan, apalagi berbatasan langsung dengan negara tetangga dengan panjang perbatasan lebih dari 700 km serta mempunyai 3 border. 

    Upaya untuk mewujudkan pemekaran Kalbar dengan Kapuas Rayanya yang mencakup Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau dan Sanggau sudah sangat lama, bahkan sudah ada amanat presiden yakni pada masa SBY, tapi sampai hari ini tidak juga terwujud dengan alasan moratorium dan  karena kondisi keuangan negara. 

    “Saya yakin dan sangat yakin provinsi Kapuas Raya bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan karena hal tersebut bukan keinginan tapi kebutuhan masyarakat di 5 kabupaten tersebut,” ungkap Sutarmijdi, salah satu Wali Kota Terbaik se-Indonesia ini, saat berdialog bersama para tokoh masyarakat Kabupaten Sintang di salah satu Kampus Pendidikan Agama Islam, STAIMA Sintang, Sabtu (23/17/17).

    Menurut Sutarmidji kenapa Provinsi Kapuas Raya sudah menjadi kebutuhan masyarakat di 5 kabupaten tersebut, karena rentang kendali pelayanan terlalu jauh dan sulit ada percepatan pemerataan pembangunan. 

    “Kalau saya terpilih sebagai gubernur maka saya akan bangunkan kantor gubernur dan kantor DPRD Kapuas Raya sekalipun belum terbentuk, ini untuk menunjukan seriusnya provinsi induk untuk  mewujudkan Kapuas Raya,” tegasnya. 

    Sutarmidji menambahkan, dirinya juga akan menyeetujui pembiayaannya untuk 3 tahun bahkan lebih. “Ini bukan janji untuk pilgub tapi bagian dari kebersamaan membangun wilayah Kalbar agar masyarakat sejahtera.” tambahnya.

    Sutarmidji juga mengungkapkan, pemekaran provinsi Kapuas Raya bukanlah hal yang sulit, yang terpenting adalah transparan dan bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat.

    “Jadi jika selama ini perjuangan untuk membentuk Kapuas Raya belum juga terwujud maka serahkan ke saya dan pak Ria Norsan untuk memperjuangkannya,” ungkap Wali Kota Pontianak yang memiliki segudang prestasi ini.

    Menurut Sutarmidji, seorang politisi tidak akan mau mengurangi wilayah kekuasaannya walaupun sejengkal. Dan jika hal itu terjadi maka rakyat tidak akan mendapat apa-apa, karena politisi tersebut akan terus berfikir bagaimana daerah kekuasaannya tambah luas. 

    “Beda hal dengan seorang negarawan, mereka berfikir dan bertindak serta cara pandangnya adalah hanya untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan