Recent comments

  • Breaking News

    Jembatan Sungai Nyamuk Patah

    Jembatan "Sungai Nyamuk" Jl. KS Tubun Kel. Putussibau Kota, Kec. Putussibau Utara yang patah.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Jembatan Sungai Nyamuk yang terletak di Jalan KS Tubun, Kelurahan Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dalam kondisi patah.

    Patahnya jembatan sungai nyamuk itu  terjadi akibat kerusakan bangunan bawah jembatan, sehingga tidak mampu memikul beban sendiri bangunan atas apalagi ditambah beban lalu lintas, serta derasnya arus sungai karena tingginya curah hujan yang menghantam bagian pondasi jembatan dan menggerusi tanah pondasinya, dan terjadi di posisi tiang pancang pondasi jembatan.

    Atas kejadian itu, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, langsung mengambil langkah cepat yakni segera memasang tanda peringatan dilarang melintas di jembatan tersebut, serta menyurati instansi terkait.

    Instansi terkait yang disurati itu yaitu Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu, Polres Kapuas Hulu, Camat Putussibau Utara dan Lurah Putussibau Kota terkait penutupan jembatan tersebut, serta berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya terkait penutupan jembatan itu.

    Menurut Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU BM dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu, Dedi, ST, MT bahwa kondisi jembatan tersebut memang sudah harus direkonstruksi, sebab peningkatan beban lalu lintas dan struktur jembatannya sudah sangat tua. Oleh sebab itu Dinas PU BM dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu, telah menganggarkannya di tahun 2018 untuk pembangunan jembatan Sungai Nyamuk yakni sebesar 4 (empat) miliar.

    "Penganggaran tersebut meliputi pekerjaan bangunan bawah dan atas, sehingga diharapkan jembatan tersebut bisa langsung difungsikan tahuh 2018 ini juga," ujar Dedi kepada uncak.com, Selasa malam.

    Dedi menjelaskan, saat ini  sedang dalam proses tahap persiapan adminstrasi dàn pelelangan.

    "Apabila proses pelelangan berjalan lancar, direncanakan bulan Mei 2018 sudah bisa dimulai pekerjaannya," jelas Dedi.

    Sementara itu, Lilis, warga yang rumahnya tepat berada di samping jembatan tersebut mengatskan bahwa kejadian patahnya jembatan tersebut terjadi sekitar  pukul 08.00 WIB.

    "Kejadian longsor itu terjadi tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB, sehingga menyebabkan jembatan itu patah," singkat Lilis kepada tim uncak.com, saat melakukan investigasi langsung di lokasi, Selasa sore.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak