Recent comments

  • Breaking News

    Lomba Desa, Wahana Apresiasi dan Penghargaan dari Pemerintah Pusat

    Suasana saat kata sambutan Kepala DPMD Povinsi Kalbar.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Desa Riam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu telah dinobatkan oleh tim penilai lomba Desa tingkat Kabupaten Kapuas Hulu sebagai pemenang dalam lomba Desa tingkat Kabupaten Kapuas Hulu.

    Oleh sebab itu, Desa Riam Piyang secara otomatis mewakili Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat (KalBar) tahun 2018.

    Sebelum tim penilai lomba Desa tingkat Provinsi datang untuk melakukan penilaian, segala bentuk persiapan demi persiapan pun dilakukan oleh Desa Riam Piyang yang tentunya dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan maksimal.

    Akhirnya tiba saatnya hari yang ditunggu-tunggu. Dimana Tim penilai lomba Desa tingkat Provinsi Kalbar tahun 2018 mendatangi Desa Riam Piyang untuk melakukan penilaian, Senin (7/5/2018).

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Barat Alexander menyatakan, penilaian lomba desa merupakan suatu upaya untuk menilai tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kamasyarakatan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan di desa.

    "Kapuas Hulu adalah Kabupaten yang tidak pernah Absen dalam mengikuti lomba desa," ujarnya.

    Alexander menjelaskan, Sebelumnya, beberapa tahun lalu, Kabupaten Kapuas Hulu pernah meraih peringkat 6 (enam) dalam lomba desa tingkat nasional.

    "Tujuan dari lomba desa ini yaitu ingin mendorong pemerintah desa agar memaksimalkan potensi yang ada di desa, dan mengetahui sejauh mana capaian yang ada di desa, dimana merupakan alat ukur apakah sudah melaksanakan kegiatan pemerintahan dengan sebaik-baiknya, serta sebagai wahana apresiasi berupa penghargaan dari pemerintah pusat," jelasnya.

    Menurut Alexander, penilaian lomba desa di desa Riam Piyang adalah penilaian lomba desa yang terakhir. Adapun satu lagi yakni Kelurahan di Kota Pontianak.

    "Dalam hal ini, kami sudah mendapat gambaran bagaimana kemajuan sutu desa dengan desa-desa lainnya di 14 Kabupaten/Kota," ungkapnya.

    Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir sangat mengapresiasi semangat gotong-royong warga desa Riam Piyang dalam rangka mensukseskan lomba desa tingkat Provinsi tersebut.

    Menurut Nasir, lomba desa merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemkab Kapuas Hulu setiap tahun mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi.

    "Lomba desa ini sangat penting untuk dilaksanakan. Dimana agar bisa mengangkat nama desa itu sendiri, Kecamatan, dan nama Kabupaten sampai ke tingkat nasional," katanya.

    Dijelaskannya, lomba desa menjadi agenda rutin itu bertujuan untuk mengembangkan suatu usaha guna mendorong percepatan pembangunan, pengembangan desa secara komprehensif, dan sehat, sehingga semula desa yang berstatus berkembang menjadi desa maju.

    Selain itu lanjut Nasir, sebagai evaluasi untuk melihat sejauh mana usaha pemerintah Kabupaten terhadap masyarakat desa dalam rangka melaksanakan pembangunan di desa guna meningkatkan taraf hidup dan memaksimalkan semua potensi yang ada di desa.

    Pada kesempatan itu, Kades Riam Piyang Alial mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kapuas Hulu dan kepada warga desa Riam Piyang, serta tim penilai lomba desa Provinsi Kalbar.

    Dalam acara itu, Alial memperkenalkan secara ringkas profil dan roadmap pembangunan di desa Riam Piyang dalam bentuk video singkat.

    Alial mengatakan, desa Riam Piyang menganut prinsip kemandirian. Prinsip itulah yang mendorong desa mendirikan BUMDes, dimana menjadikan diri sendiri sebagai investor.

    Dia yakin BUMDes itu akan menjalankan investasi desa dalam pengelolaan objek wisata. Dimana objek wisata Saray Brunyau merupakan salah satu unit usaha andalan.

    "Kami yakin objek wisata tersebut akan terus berkembang sehingga memberikan kontribusi besar dan berkelanjutan bagi PAD Riam Piyang," ungkap Alial.

    Acara itu bertempat di gedung serbaguna desa Riam Piyang, dihadiri forkopimda Kapuas Hulu, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, forkopimcam Bunut Hulu, Kades se Kecamatan Bunut Hulu, dan elemen masyarakat Bunut Hulu, serta para tamu undangan lainnya.

    Usai acara itu, rombongan Bupati Kapuas Hulu beserta tim penilai melaksanakan santap siang bersama, kemudian langsung menuju objek wisata Saray Brunyau. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro