Recent comments

  • Breaking News

    Dayak Tamambaloh Gelar Gawai

    Brigpol Zuliadi Kurniawan saat mengamankan jalannya acara gawai adat Dayak Tamambaloh di Desa Ulak Pauk.
    KAPUAS HULU, Uncak.com -  Bertempat di Desa Ulak Pauk, Kecamatan Embaloh Hulu, Bhabinkamtibmas Polsek Embaloh Hulu Brigpol Zuliadi Kurniawan melaksanakan Pengamanan Dalam rangka perayaan Gawai Adat Dayak Tamambaloh ” Pamole’ Beo Banuaka’, Senin (4/6/2018).

    Brigpol Zuliadi Kurniawan menyatakan, acara gawai itu pada dasarnya merupakan kegiatan masyarakat adat Dayak dalam mensyukuri hasil panen yang diperoleh dan juga menyambut musim tanam atau musim berladang yang baru.

    "Kegiatan gawai Adat Dayak itu masuk dalam agenda tahunan Kalender kamtibmas Polres Kapuas Hulu dan Polsek Embaloh Hulu khususnya. Dimana semua desa di wilayah Kecamatan Embaloh hulu merayakan kegiatan itu. Namun antara satu desa dan desa yang lain memiliki jadwal perayaan yang berbeda," ujar Zuliadi.

    Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya, desa yang memiliki penduduk dengan rasio hampir seimbang antara pemeluk agama Islam dan Kristen itu hidup berdampingan dan harmonis.

    "Setiap perayaan yang ada di lingkungan tersebut, antar umat beragama selalu toleransi. Termasuk dalam gawai adat kali ini yang sebagian penduduk desa Ulak Pauk yang juga beragama Islam, tetap melaksanakan ibadah puasa, sebab tidak menghalangi ataupun menghambat kegiatan gawai adat Dayak, begitu juga sebaliknya," jelas Brigpol Zuliadi Kurniawan.

    Sementara itu, Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Salmansyah menyampaikan bahwa sebagai anggota Bhabinkamtibmas, memang sudah menjadi tugas dan kewajibannya untuk selalu hadir dan menjaga setiap kegiatan yang dilakukan warga masyarakat di wilayah binaanya.

    "Selain agar kegiatan perayaan gawai adat Dayak Tamambaloh  'Pamole’ Beo Banuaka' tersebut dapat berjalan aman dan lancar, juga untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap kehadiran dan kinerja Polri saat ini,” ungkap Iptu Salmansyah sebagaimana rilis yang diterima uncak.com.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan