Recent comments

  • Breaking News

    Ikuti Pelatihan Jurnalistik Siswa, Ini Cerita Alma Ananda Ristya

    Para peserta pelatihan jurnalistik siswa.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Alma Ananda Ristya, adalah salah seorang siswi SMA Negeri 1 (SMANSA) Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar yang mengikuti pelatihan jurnalistik siswa, bertempat di ruang aula SMANSA Putussibau, Selasa (25/9/2018).

    Dalam pelatihan jurnalistik itu, pihak SMANSA Putussibau sebagai sekolah rujukan, mengikutsertakan 5 (lima) dari delapan sekolah imbas.

    Pelatihan jurnalistik itu diikuti oleh 50 orang siswa SMA. Dimana peserta merupakan utusan dari sekolahnya masing-masing.

    Pelatihan jurnalistik kepada siswa SMA itu digelar oleh pihak SMANSA Putussibau sebagai sekolah rujukan dengan tujuan untuk pemantapan literasi SMA.

    Kegiatan tersebut merupakan program SMA rujukan tahun 2018.

    Dalam pelatihan itu, ada tiga orang nara sumber dari media online uncak.com dihadirkan oleh pihak SMANSA Putussibau. Dimana media online uncak.com merupakan media lokal Kabupaten Kapuas Hulu yang berdiri pada tahun 2014 lalu.

    Tiga orang pemateri tersebut yakni Khairul Amrin selaku pendiri, pemilik dan pimpinan umum redaksi, Romi Deniar selaku pengembangan IT, iklan dan Lay Out, serta Noto Sujarwoto selaku wartawan (kontributor), redaktur pelaksana dan editor.

    Adapun materi yang diberikan, diantaranya dasar-dasar jurnalistik yang mencakup pengertian dasar jurnalistik, arti media massa, ciri-ciri (karakteristik) media massa, jenis-jenis media massa, fungsi media massa, produk utama jurnalistik, tahap-tahap pembuatan/penulisan berita yang mencakup 6 (enam) unsur berita yaitu 5W+1H, dan asal usul atau sejarah berdirinya media online Uncak.com.

    Dalam ceritanya yang ia tulis pada selembar kertas yang ia berikan kepada pemateri, Alma Ananda Ristya menceritakan pengalaman dan perasaannya ketika mengikuti pelatihan jurnalistik siswa itu.

    "Pada saat kegiatan berlangsung, ada peserta kegiatan yang melawak, sehingga membuat suasana di dalam ruangan menjadi riuh," tulisnya.

    Namun lanjut Alma, pemateri dapat mengontrol kembali suasana dalam ruangan tersebut.

    "Kami (peserta) sangat asyik mengikuti pelatihan ini, karena dalam menyampaikan materi, pematerinya sangat lembut dan sabar, serta sambil bercanda sehingga para peserta tidak ada yang tegang. Pokoknya benar-benar asyik sehingga materi yang disampaikan mudah dipahami," ujarnya dalam tulisannya.

    Menurut Alma, pelatihan yang ia ikuti itu sangat bermanfaat bagi dirinya dan kawan-kawan.

    "Kegiatan ini banyak sekali manfaatnya bagi peserta pelatihan itu," pungkasnya.

    Pelatihan jurnalistik siswa yang dimulai pada pukul 08.00 hingga 13.00 WIB tersebut dibuka oleh Waka Kurikulum SMANSA Putussibau, H. Padilah Daulay. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro