Recent comments

  • Breaking News

    Besok, Dusun Serimbang Roah, Warga Kampung Sekitar Diharapkan Hadir

    Lamang yang siap dimasak untuk sambut pesta panen (Roah) besok.
    LANDAK, Uncak.com - Warga masyarakat Dusun Serimbang, Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, akan menggelar pesta panen padi (Baroah), Minggu (5/5/2019) besok.

    Baroah merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (Jubata) atas panen yang berlimpah dan berkah yang diberikan.

    Sehari sebelum hari baroah dilaksanakan (hari ini), terlebih dahulu mengadakan ritual adat dengan membawa tangkai padi ke Panyugu (ngincakng tangkeatn ka' Panyugu/Padagi) oleh masyarakat setempat, yang dipimpin oleh Sariman Pamangko' Tahutn (Tetua Adat) Dusun Serimbang, Sabtu, (4/5/2019).

    Ritual adat ngincakng tangkeatn ka' Panyugu/Padagi oleh masyarakat setempat, yang dipimpin oleh Sariman, yang merupakan seorang Pamangko' Tahutn (Tetua Adat) Dusun Serimbang.
    Menurut Tetua Adat, Sariman, Panyugu adalah tempat yang sakral atau tempat keramat yang disucikan dan dipercaya oleh masyarakat Dusun serimbang sebagai tempat untuk upacara adat setempat.

    "Baroah di Dusun Serimbang ini akan dilaksanakan satu hari penuh (setiap tahun), di mana sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan," kata Sariman, Sabtu (4/5) sore.

    Sementara itu, Kepala Dusun Serimbang, Piator menyatakan, baroah tahun ini berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Di mana di tahun sebelumnya, masih ada sebagian masyarakat yang tidak ikut dalam acara baroah.

    "Tahun ini antusias masyarakat Dusun Serimbang sangat-sangat luar biasa," terang Piator.

    Piator berharap kepada masyarakat sekitar untuk dapat berkunjung dalam menghadiri acara yang akan digelar besok.

    "Semoga masyarakat yang berada di desa-desa sekitar dapat hadir dalam rangka meramaikan pesta panen ini besok. Hitung-hitung untuk menjalin, serta mempererat tali silaturahmi antar sesama," harapnya.

    Penulis: Fransiskus Sirus
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak