Recent comments

  • Breaking News

    Ayam Crispy Sambal Ganja Bang Iwan, "Masakan Kaki Lima, Rasa Bintang Lima"

    Suasana di angkringan Bang Iwan.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Sambal ganja bukanlah makanan haram yang dicampur dengan ganja yang merupakan tanaman terlarang itu. Namun, ini hanya penamaan saja dan merupakan makanan halal.

    Pemberian nama sambal ganja tersebut karena rasa pedasnya meledak di mulut.

    Dimana, ayam goreng crispy adalah pasangan yang pas dengan sambal ganja sehingga menjadi satu hidangan yang maknyus.

    Iwan, pria asal Betawi (Jakarta) yang berkeluarga di Kecamatan Mentebah yang sudah cukup lama tinggal di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang merupakan pemilik kedai ayam crispy sambal ganja ini menceritakan bahwa, menu ayam crispy sambal ganja hanya sebatas penamaan saja.

    "Itu hanya penamaan saja. Kagak ade ganjanya. Sambal ganja ini berasal dari Aceh," terang Iwan kepada wartawan media ini, saat ditanya disela-sela kesibukannya melayani para pelanggan yang datang silih berganti, di kedai (angkringannya), Selasa (9/7/2019) malam.

    Pria yang sangat gemar dengan berbagai jenis burung peliharaan dan sering mengikuti kontes burung itu menceritakan, untuk 1 (satu) porsi ayam crispy sambal ganja tersebut, seharga Rp 15 ribu plus nasi.

    "Satu porsinya hanya Rp 15 ribu saja. Itu pun sudah dengan nasi," ujar pria yang akrab disapa Iwan Angkringan itu.

    Selain itu, ada pula jajanan lainnya, seperti udang goreng sambal, nasi kucing dengan tempe bacem, tahu bacem, mie rebus, dan minuman segar, serta minuman hangat seperti kopi, dan wedang jahe susu.

    Menurut Iwan, untuk bahan-bahan dari sambal ganja tersebut selain cabe rawit, yakni daun jeruk, jahe, serai, dan belimbing wuluh.

    Kedai yang beralamat di Jalan Kom Yos Sudarso Nomor 133 Putussibau atau persis berada di samping Mini Market Sinar Diamond itu, setiap malamnya tampak selalu ramai ditongkrongi pengunjung untuk menikmati menu kuliner yang tersedia.

    Bagi pecinta kuliner terutama yang pedas-pedas, silahkan mencoba ayam crispy sambal ganja racikan Bang Iwan Angkringan yang diklaimnya masakan kaki lima, namun rasa bintang lima.

    "Meski masakan kaki lima, namun rasanya seperti bintang lima bro," pungkas Iwan sembari bercanda.  [Noto]
    Para pengunjung yang sedang menikmati ayam crispy sambal ganja dan jajanan lainnya.
    Ayam crispy sambal ganja racikan Bang Iwan.
    Bang Iwan pemilik kedai.


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad