Recent comments

  • Breaking News

    Satu-satunya di Kalbar, Puskesmas Putussibau Utara Raih Akreditasi Paripurna

    Tim penilai, saat melakukan kunjungan ke Puskesmas Putussibau Utara.
    KAPUAS HULU, Uncak.com- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, berhasil meraih akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).

    Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin menjelaskan, sebelum meraih akreditasi Paripurna dari Komisi Akreditasi FKTP, sudah pernah dilakukan survei perdana pada tahun 2016 lalu kepada Puskesmas Putussibau Utara.

    "Setelah tiga tahun berlalu, Puskesmas Putussibau Utara disurvei ulang (resurvei) dari tanggal 27-30 Agustus 2019. Resurvei itu bertujuan untuk melihat proses pelayanan kesehatan tetap sesuai standart. Adapun hasil survei akreditasi perdana hasil utama," ujarnya, Selasa (15/10/2019).

    Para tim penilai, saat mendatangi Puskesmas Putussibau Utara.
    Dijelaskan Nazarudin, yang mendasari Puskesmas Putussibau Utara hingga meraih bintang empat dari Kemenkes RI itu karena Puskesmas Putussibau Utara mampu mencapai standar yang telah ditetapkan dari aspek administari dan manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

    "Untuk mempertahankan predikat Paripurna ini, kami akan melakukan pendampingan pasca akreditasi setiap 6 bulan. Melakukan bimbingan teknis dan monitoring pelaksanaan program-program dan kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas," terangnya.

    Lebih lanjut Nazaruddin mengatakan, pihaknya juga akan terus meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Puskesmas, baik secara kualitas maupun kuantitas, agar tetap sesuai dengan standar pelayanan dan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan.

    "Diraihnya akreditasi Paripurna ini, kami berharap Puskesmas yang ada di Kapuas Hulu dapat terpacu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sebenarnya bukan hanya di Kapuas Hulu saja, tapi Puskesmas di Kalbar bisa terpacu dengan raihan bintang empat ini. Apalagi di Kalbar baru satu Puskesmas yang meraih akreditasi Paripurna yakni Puskesmas Putussibau Utara," pungkasnya.

    Sementara itu, Kepala Puskesmas Putussibau Utara, Dessi Wulantari menyatakan, nilai akreditasi Paripurna tidak sertamerta diraih begitu saja. Dimana proses pembenahan sarana dan prasarana dilakukan untuk mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Dinas Kesehatan guna menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

    "Semoga dengan terakreditasinya Puskesmas Putussibau Utara ini, seluruh petugas semakin termotivasi untuk bekerja dan terus memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat," ucapnya.

    Atas diraihnya akreditasi paripurna tersebut, Dessi mengucapkan terimakasih kepada lintas sektor terkait, yang telah memberikan peran kepada Puskesmas.

    "Semoga kerjasama yang sudah terbina selama ini akan tetap berlangsung dan semakin mantap. Terimakasih kami sampaikan kepada semua yang sudah terlibat dalam kegiatan Puskesmas Putussibau Utara," harapnya. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan