Recent comments

  • Breaking News

    Kenalkan Program, Disporapar Apresiasi Pemuda Kapuas Hulu

    Alumnis JPI, Purna Paskibra, KPN dan PPAN, foto bersama Kasi dan Staf Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka mencetak para pemimpin muda, generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dari segi intelektual, emosional, dan spiritual, pemuda Kapuas Hulu gelar pengenalan program pemuda, bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kapuas Hulu, Jumat (7/2/2020).
    Para peserta pengenalan program pemuda, foto bersama para alumnis JPI, Purna Paskibraka, KPN, PPAN dan Staf beserta Kasi Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu.
    Pengenalan program tersebut dikemas dalam bentuk dialog, dimana para pemuda yang merupakan alumni tersebut menceritakan pengalaman mereka saat lolos seleksi tingkat Provinsi dan Nasional ketika mengikuti program Kepemudaan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kapuas Hulu beberapa waktu lalu.
    Banner kegiatan.
    Adapun para pemuda yang mengadakan acara tersebut yakni Alumnis Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Provinsi Kalimantan Barat, Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Kapal Pemuda Nusantara (KPN) dan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN).
    Para peserta kegiatan.
    Sedangkan sasaran dari program tersebut diantaranya siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA yang ada di seputar Kota Putussibau, serta mahasiswa PDD Polnep Kapuas Hulu, organisasi Tagana dan Sapma.
    Suasana saat dialog.
    Hal itu dikarenakan bahwa siswa-siswi SMA dan mahasiswa memiliki peran strategis dalam menciptakan dan membentuk para siswa maupun mahasiswa yang merupakan calon pemimpin bangsa masa depan yang akan menggantikan generasi yang telah ada, sehingga tidak cukup hanya dengan memupuk ilmu spesifik saja.

    Saat dialog.
    Selain itu, karena para pengusung program tersebut adalah alumni dari SMA, maka sekolah tersebut menjadi titik awal implementasi.

    Namun, yang tak kalah pentingnya adalah target jangka panjang para pemuda itu adalah bahwa program tersebut dapat diterapkan di SMA-SMA/Sederajat unggulan di Kapuas Hulu sehingga akan tercipta generasi muda strategis.

    Kepala Seksi Pengembangan Pemuda pada Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, Sri Subekti, yang merupakan Nara sumber dalam kegiatan tersebut, sangat mengapresiasi para kelompok pemuda yang berani mengadakan acara tersebut karena menurutnya acara tersebut sangat bermanfaat bagi para pemuda-pemudi khususnya di Kapuas Hulu.

    Pada kesempatan itu, Sri Subekti memaparkan syarat-syarat untuk mengikuti seleksi Paskibraka, salah satunya kepada siswa yang masih duduk di bangku kelas X-XI.

    "Informasi ini tolong disampaikan senior kepada juniornya agar mereka mempersiapkan diri," paparnya.

    Terkait Paskibraka, menurut Sri, Paskibraka sangat penting karena menanamkan cinta NKRI dan Keanekaragaman budaya. Sehingga merupakan salah satu program utama pada Disporapar.

    "Ini merupakan kegiatan nasional. Dimana kegiatan ini dinilai sangat penting karena bersifat nasional. Kami melakukan seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan hingga Nasional. Terkait tinggi badan, yakni minimal 170cm dan maksimal 180cm," terangnya.

    Dikatakan Sri, Tahun 2020 ini Disporapar Kapuas Hulu sudah menyebarkan undangan untuk seleksi calon Paskibra di sekolah-sekolah khususnya sekolah yang berada di wilayah kota Putussibau.

    "Tahun ini Disporapar Kapuas Hulu membatasi perekrutan dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana tahun ini diambil hanya sebanyak dua pasang, sementara tahun lalu yakni tiga pasang," ungkapnya.

    Sementara itu, hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda pada Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, Sudirman, dimana ia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

    Menurut Sudirman, tujuannya adalah meningkatkan prestasi pemuda.

    Pihaknya juga akan mengadakan pembinaan tentang wira usaha.

    "Selaku pemuda, kita harus semangat, agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai," singkat Sudirman.

    Dalam acara tersebut, para pemuda yang merupakan Purna (Alumnis), yang lolos seleksi dan pernah mengikuti program kepemudaan dari Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu tersebut, menceritakan pengalaman mereka ketika menjadi utusan Kabupaten Kapuas Hulu, baik yang lolos tingkat provinsi maupun nasional.

    Dalam acara tersebut, hadir pula Juniarti, S.H, yang merupakan Staf Bidang Kepemudaan pada Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    bawas

    Post Bottom Ad

    bawas kabanindo