Recent comments

  • Breaking News

    Wartawan Kapuas Hulu Akan Gelar Dialog Cegah Hoax dan Ujaran Kebencian

    Para awak media (wartawan) dari berbagai media, yang bertugas di Kabupaten Kapuas Hulu (foto bersama) anggota Komite III DPD RI Perwakilan Kalimantan Barat, Erlinawati, di ruang gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu beberapa waktu lalu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Wartawan (Jurnalis) dari berbagai media yang bertugas di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, saat ini sedang mempersiapkan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020, salah satunya dengan menggelar Dialog tentang pencegahan berita Hoax dan ujaran kebencian menghadapi Pilkada di daerah tersebut.

    "Rekan-rekan jurnalis sudah membentuk panitia dan saat ini tahap persiapan untuk memperingati Hari Pers Nasional," kata Ketua Panitia peringatan Hari Pers Nasional Kabupaten Kapuas Hulu, T. Timotius, kepada Wartawan, di Putussibau, Jumat (7/2/2020).

    Dijelaskan Timo, Hari Pers Nasional jatuh pada 9 Februari yang secara nasional dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo dan sejumlah Menteri.

    Menurut Timo, dasar peringatan Hari Pers Nasional yaitu Keputusan Presiden Nomor 5 pada tahun 1985, yang hingga saat ini diperingati setiap tahunnya.

    "Untuk di Kapuas Hulu rencananya akan diselenggarakan pada 13 Februari 2020 dan dipusatkan di Hotel Banana Putussibau dengan melibatkan berbagai pihak yang ada di wilayah Kapuas Hulu," terangnya.

    Lebih lanjut Timo mengatakan, pada peringatan Hari Pers Nasional di Kapuas Hulu, akan diisi dengan dialog tentang pencegahan berita hoax dan ujaran kebencian menjelang Pilkada Kapuas Hulu.

    Dimana lanjut Timo, kegiatan tersebut salah satu upaya insan pers dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat membedakan mana berita yang benar dan mana berita hoax, yang dapat merusak keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

    "Kami berharap, dengan kegiatan tersebut semua pihak semakin memahami peranan media yang juga diatur dalam Undang-Undang nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers," paparnya.

    Timo berharap, peringatan Hari Pers Nasional di Kapuas Hulu nantinya dapat berjalan sukses dengan melibatkan berbagai pihak, baik dari Polres Kapuas Hulu, Pemerintah daerah dan berbagai organisasi serta stakeholder lainnya.

    Adapun yang tergabung dalam panitia Peringatan Hari Pers Nasional di Kabupaten Kapuas Hulu yaitu T. Timotius Wartawan Kantor Berita Indonesia (Antara), Shairul Hakim Wartawan Tribun Pontianak, Andreas Wartawan Netizen, Bayu Widodo Wartawan Bukti Pers, Yohanes Santoso Wartawan Harian Berkat, Syapari Wartawan Suara Pemred, Mika Wartawan Ruai TV, Taufiq Wartawan Pena Kapuas dan Noto Wartawan Uncak.

    Sumber: Press Release
    Editor   : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    bawas

    Post Bottom Ad

    bawas kabanindo