Recent comments

  • Breaking News

    Transparansi, Daftar Penerima BLT di Desa Nanga Embaloh Ditempel

    Penempelan daftar penerima BLT di setiap papan informasi yang ada di wilayah Desa Nanga Embaloh.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Daftar penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Nanga Embaloh, ditempel di setiap papan informasi yang ada di wilayah Desa tersebut.

    Hal itu dilakukan sebagai bentuk transparansi dari Pemerintahan Desa Nanga Embaloh, Kecamatan Embaloh Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, kepada warga masyarakatnya.

    Adapun besaran jumlah BLT yang akan diterima oleh warga masyarakat yang tergolong kurang mampu dan layak, yang terdampak Covid-19 itu sebesar Rp600 ribu per Kepala Keluarga (KK).

    Kepala Desa (Kades) Nanga Embaloh, Andi mengatakan, anggaran yang menggunakan Dana Desa (DD) Tahun 2020 itu maksimal sebesar 30% dari Dana Desa Nanga Embaloh, yakni sebesar Rp. 1.099.370.000, dan diumumkan ke seluruh warga masyarakat, dengan ditempel di setiap papan informasi yang ada di desa Nanga Embaloh.

    “BLT ini nantinya akan diberikan secara simbolis bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, di aula kantor desa Nanga Embaloh. Kemudian dilanjutkan dari rumah ke rumah kepada penerima BLT oleh Ketua RT dan Kepala Dusun bersama BPD Desa Nanga Embaloh dari masing-masing Dusun di Desa Nanga Embaloh," ujar Andi kepada uncak.com, ditemui di Putussibau, Sabtu (16/5/2020).

    Ditegaskan Andi, dengan ditempelnya daftar penerima BLT tersebut, diharapkan tidak muncul gejolak di masyarakat.

    "Jika bicara soal puas atau tidak puas, maka tidak bakalan puas, karena apabila dibagi rata maka tidak ada payung hukumnya karena quota penerima BLT diatur berdasarkan persen dari besaran Dana Desa," tegas Andi.

    Andi menjelaskan, pendataan calon penerima BLT tersebut dilakukan oleh ketua RT, Kadus, BPD dan Perangkat Desa yang dihadiri oleh Babinsa dan Babinkamtibmas mulai dari proses pra musyawarah hingga validasi.

    Sedangkan finalisasi dan penetapan calon penerima BLT pada saat musyawarah khusus, sebanyak 168 Kepala Keluarga yang akan menerima BLT tersebut, yang menggunakan anggaran 27,5 % dari Dana Desa Nanga Embaloh.

    "Dengan adanya BLT ini, semoga masyarakat terbantu akibat dampak corona ini. Saya berharap tidak ada gejolak di masyarakat karena Insya Allah tepat sasaran bagi penerima dan memang yang layak menerima BLT ini," harap Andi.

    Terkait pencairan dana BLT tersebut, akan dicairkan jika tidak ada halangan, yakni pada Minggu kedua atau ketiga di Bulan Mei, Tahun 2020 ini.

    "Insyaallah, pencairan menunggu Dana Desa masuk ke rekening Desa Nanga Embaloh," paparnya.

    Menurut Andi, baru satu-satunya Kepala Desa, khususnya di wilayah Kecamatan Embaloh Hilir, yang berani mengumumkan kepada masyarakat daftar penerima BLT.

    "Ini saya lakukan demi transparansi anggaran, sehingga diharapkan kepada kepala desa lainnya, agar dapat mengikuti, supaya mengumumkan pula daftar penerima BLT di desanya masing-masing," ungkapnya. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak kabanindo