Recent comments

  • Breaking News

    AMSI dan Google akan Gelar CekFakta Debat Kandidat Pilkada Sekadau

    Ketua AMSI Kalbar Kundori (kiri atas) bersama Ketua KPU Sekadau Drianus Saban (kanan atas).

    PONTIANAK, Uncak.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) didukung Google News Initiative (GNI) akan menggelar program CekFakta pada Pilkada Sekadau, Kalimantan Barat pada saat Debat Publik Kandidat pada 5 Nopember dan saat hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

    “CekFakta ini salah program AMSI Pusat dalam rangka memerangi berita bohong atau hoaks pada Pilkada. Para pemeriksa fakta yang disiapkan AMSI akan bekerja sesuai jadwal,” kata Ketua AMSI Wilayah Kalbar, Kundori, Senin (19/10/2020).

    Kundori yang juga menjabat Korwil Kalimanan AMSI Pusat ini mengatakan, untuk wilayah Kalimantan, Pilkada yang menjadi lokasi Cekfakta adalah Pilkada Balikpapan Kalimantan Timur dan Pilkada Sekadau Kalimantan Barat.

    “Sebelumnya sudah digodok dengan meping mengenai semua daerah yang akan dijadikan lokasi Cakfakta AMSI ini. Mudah-mudahan program ini bemanfaat dalam upaya menekan angka hoaks selama Pilkada,” tegas Kundori CEO Suara Media Grup ini.

    Sementara itu, Ketua KPU Sekadau Drianus Saban menyambut baik program AMSI yang menjadikan Pilkada Sekadau untuk kegiatan Cekfakta.

    “Saat ini tahapan kampaye di Pilkada Sekadau terus berjalan masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati beserta tim melakukan kampanye dialogis. KPU Sekadau juga akan memfasilitasi debat kandidat atau debat publik yang akan digelar pada 5 Nopember 2020 mendatang,” kata Saban.

    Saban mengatakan, debat publik digelar sekali dalam rangka masing-masing paslon menyampaikan visi dan misi serta program,
    Lokasi debat public akan digelar di ruang siding DPRD Sekadau, dalam debat public tersebut tidak menggunakan panelis tapi langsung moderator. Sedangkan menyusunan materi debat public pihak KPU melibatkan tim dari akademisi, professional dan masyarakat.

    “Selama debat publik akan disiarkan langsung oleh salah satu televise swasta lokal Kalbar, media social KPU Sekadau,” katanya.

    Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2020. Kabupaten Sekadau masuk daerah dengan kerawanan tertinggi di Indonesia. Sedangkan urusan politik uang (money politik) Sekadau menduduki peringkat 2 dibawah Sungai Penuh, Jambi.

    Terkait IKP yang telah diluncurkan kabupaten Sekadau masuk kerawanan tertinggi terkait tingkat kontestasi dan politik uang,tingginya kerawanan tingkat kontestasi indikatornya adalah adanya 2 paslon yang bersaing di pilkada Sekadau dimana tingkat persaingan cukup tinggi incumbent vs perlawanan yang mempunyai kekuatan koalisi dan masa. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    bawas kabanindo