Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Kapuas Hulu Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten di Hulu Gurung

    Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, saat menghadiri apel peringatan Hari Santri Nasional di Kecamatan Hulu Gurung, Kamis (22/10/2020).

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menghadiri Apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 tingkat Kabupaten yang diselenggarakan di Pesantren Al-Jihad Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (22/10/2020).

    Hadir dalam acara tersebut Anggota DPD-RI Erlinawati, Ketua beserta Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Anggota Forkopimda, Kepala OPD beserta jajarannya, Kemenag Kapuas Hulu, Camat beserta unsur Forkopimcam Hulu Gurung, KUA serta Kepala Desa se Kecamatan Hulu Gurung, Ormas, BKMT Kabupaten maupun Kecamatan, para ustadz, santiwan-santriwati serta undangan lainnya yang hadir.

    Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Hulu mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober tahun 2015, dimaksudkan untuk mengingat semangat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang digelorakan oleh para ulama.

    "Peringatan HSN ini merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional, KH. Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945", kata Nasir.

    Dimana seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah RI pasca Proklamasi Kemerdekaan, tambahnya.

    "Mengingat hal tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu merasa berkewajiban memperingati HSN setiap tahunnya bersama ormas-ormas Islam, Kementerian Agama, lembaga penyelenggara pendidikan Agama Islam yang ada di Kapuas Hulu", ungkapnya.

    Oleh karena itu saya meminta kepada seluruh santriwan-santriwati tetap menjaga harkat serta marwah melalui pendidikan Islam dalam membantu memajukan pembangunan bangsa dan negara dengan menuntut ilmu setinggi-tingginya, pinta Nasir.

    "Teladani serta tanamkan semangat jihad para santri dan ulama dalam merebut serta mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia", terangnya.

    Selain itu, saya mengajak umat Islam khususnya dan masyarakat Kapuas Hulu umumnya, melalui peringatan HSN 22 Oktober 2020 ini, mari kita tanamkan semangat kepahlawanan, semangat Ukhuwah Islamiah, semangat berjihad memerangi Covid-19 sesuai tema HSN tahun ini, yaitu "Santri Sehat, Indonesia Kuat", paparnya.

    "Dimasa pandemi Covid-19 ini, saya minta kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan dengan wajib melakukan 3M yang sudah dianjurkan pemerintah, yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan", jelas Nasir. (Amr)


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    bawas

    Post Bottom Ad

    bawas kabanindo