Recent comments

  • Breaking News

    Sasar Pelajar, ASN dan Tokoh, Anggota DPR/MPR-RI Cornelis Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Seberuang

    Suasana saat Drs. Cornelis, MH, menggelar sosialisasi 4 Pilar, di gedung Tri Tapang, Paroki Sejiram.

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Anggota Komisi II DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat (Kalbar), Drs Cornelis, MH, menggelar sosialisasi 4 (empat) pilar MPR RI tahap IV, bertempat di gedung Tri Tapang Paroki Sejiram, Kecamatan Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu, baru-baru ini.

    Drs. Cornelis, MH, foto bersama unsur Muspika Seberuang.
    Sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, yang mengacu kepada perilaku kebiasaan baru dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

    Kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI itu bekerjasama antara Drs. Cornelis, MH, dengan Pemerintah Kecamatan Seberuang, khususnya unsur Muspika setempat yakni Camat Seberuang, Iyul, Kapolsek Seberuang, A. Trifanto dan Danramil Seberuang sebagai narasumber.

    Adapun sasaran sosialisasi yaitu seluruh kelompok sosial kemasyarakatan, ASN, pelajar SMA/Sederajat serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

    Drs. Cornelis, MH, foto bersama Muspika Seberuang dan peserta sosialisasi 4 Pilar.
    Dalam penyelenggaraan empat pilar MPR RI tersebut, dititik beratkan kepada pengertian empat pilar beserta isinya.

    Cornelis mengatakan, pilar merupakan tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Dimana apabila tiang rapuh, maka bangunan akan mudah roboh.

    "Empat pilar MPR RI adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru), agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana," ujar Drs. Cornelis, MH, menghubungi media ini, Selasa (24/11/2020).

    Menurut Cornelis, empat pilar disebut juga pondasi atau dasar yang menentukan kokohnya suatu bangunan. 

    "Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat sehingga menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat," ungkapnya.

    Lebih lanjut Cornelis mengatakan, konsep empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

    "Empat pilar tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat. Namun, setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda. Pada prinsipnya, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, dimana kedudukannya berada di atas tiga pilar yang lain," tuturnya.

    Cornelis menjelaskan, empat pilar juga merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kukuh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa Indonesia sendiri.

    "Setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar adalah prinsip moral ke-Indonesiaan yang memandu tecapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," jelasnya.

    Di dalam penyampaian dan sosialisasi empat pilar MPR RI, kata Cornelis, dikaitkan pula dengan pelaksanaan 7 (tujuh) Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Barat. Khusus di kabupaten Kapuas Hulu agar dalam pelaksanaannya memperhatikan nilai-nilai luhur empat pilar MPR RI, demi terjaga dan suksesnya penyelenggaran Pilkada serentak tersebut.

    "Namun di situ ditambahkan juga bahwa kita harus tetap patuh dan tunduk terhadap peraturan perundang-undangan tentang perubahan perilaku normal baru  serta tetap menggalakkan ketahanan pangan dalam rangka menghadapi dampak Covid-19," pungkas Cornelis.

    Usai sosialisasi tersebut, Drs. Cornelis, MH selaku Anggota MPR RI, yang juga anggota DPR RI, Anggota Banggar dan Anggota Pengawas Badan Pengawas Perbatasan itu,  melanjutkan kegiatan konsolidasi internal Partai berdasarkan surat tugas Fraksi PDI Perjuangan DPR RI nomor 200/F-PDIP/DPR-RI/XI/2020 tertanggal 10 November 2020 perihal ijin kampanye, dengan mengacu kepada BKO oleh DPP dan DPD Partai.

    Dalam konsolidasi internal tersebut, Cornelis didamping oleh Marselina Maryani, S.S, Hut Wakil Ketua Bidang Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Landak yaitu Niko Purwanto, Kristian Oktavianus dan Kico Bambang. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Ukiklan Ukiklan

    Post Bottom Ad

    Ukiklan