Recent comments

  • Breaking News

    BAZNAS Kapuas Hulu Serahkan Satu Unit Ambulance Terapung untuk Desa Teluk Aur

    Suasana saat penyerahan bantuan oleh BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu kepada warga masyarakat Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Jumat (4/12/2020).

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, menyerahkan bantuan satu unit Ambulance terapung untuk Desa Teluk Aur, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (4/12/2020).

    Satu unit Ambulance terapung untuk warga masyarakat Desa Teluk Aur terutama untuk ibu yang akan melahirkan, serta untuk warga yang mengalami sakit, yang butuh pertolongan segera.
    Program bantuan Ambulance terapung tersebut berasal dari Lembaga Amil Zakat - Baitul Maal Muamalat (LAZ - BMM) Jakarta, yang diserahkan kepada BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, yang kemudian diberikan peruntukkannya kepada Desa Teluk Aur.

    Adapun penyerahan Ambulance terapung tersebut, dilakukan Bupati Kapuas Hulu, melalui Asisten II Setda Kapuas Hulu H. Bahtiar, S.IP, M.Si.

    Selain bantuan Ambulance, ada pula bantuan dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat berupa Al Qur'an dan bantuan penanganan stunting, serta bantuan dari Kanwil Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu.

    Penyerahan berbagai bantuan tersebut dilaksanakan di Masjid Baiturahman, Desa Teluk Aur.

    Ketua BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, H.F.Y Wartam, melalui Wakil Ketua Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan, Rini Wulansari, mengatakan, diserahkannya Ambulance terapung untuk Desa Teluk Aur tersebut dengan pertimbangan bahwa Desa tersebut terletak di jalur perairan dan belum ada akses jalan (transportasi) darat.

    Dimana, kata Rini, sebelumnya, di Desa tersebut, angka kematian ibu melahirkan cukup tinggi karena terkendala dalam fasilitas transportasi, untuk sampai di Kecamatan Bunut Hilir, sebab Kecamatan Bunut Hilir merupakan salah satu Kecamatan yang aktif membayar zakat profesi sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas Hulu Nomor 64 Tahun 2017.

    "Melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Barat yaitu Ibu Emmy, kami mendapatkan informasi bantuan ini sehingga bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu dalam menjalankan program bantuan dari LAZ BMM Jakarta, dalam hal ini penyelenggara zakat di Kanwil Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu yakni Bapak Wakasman, yang dipercaya oleh Kakankemenag Kabupaten Kapuas Hulu Syahrul, S.Ag, yang kemudian diajukan ke LAZ BMM Jakarta dan Alhamdulillah mendapat respon baik," ujar Rini Wulansari menghubungi media ini, Jumat (4/12).

    Dijelaskan Rini, tak hanya menyerahkan bantuan satu unit Ambulance terapung, namun BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu juga menyerahkan alat kesehatan berupa kursi roda, brankar, tabung oksigen, serta ada pula pelayanan kesehatan gratis.

    "Kita juga menyerahkan bantuan konsumtif berupa sembako bagi warga yang kurang mampu, serta bantuan untuk guru ngaji," terang Rini.

    Rini berharap, dengan adanya bantuan tersebut, semoga dapat bermanfaat bagi warga setempat khususnya bagi ibu yang akan melahirkan dan warga yang sakit yang butuh pertolongan segera.

    "Tentunya kami sangat berharap kepada warga masyarakat Desa Teluk Aur, agar memanfaatkan Ambulance terapung ini dengan sebaik-baiknya dan semoga bantuan ini dapat bermanfaat, khususnya dalam melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan secara darurat," harap Rini Wulansari.

    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kapuas Hulu, Camat Bunut Hilir, BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat dan unsur Forkopimcam setempat.

    Hadir pula Kepala Desa Empangau Hilir, Empangau Hulu dan Teluk Aur. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kabanindo