Recent comments

  • Breaking News

    2 Ekor Sapi Hilang, 2 Mobil dan 49 Motor Terendam di Semerantau

    Kondisi banjir yang merendam fasilitas umum dan rumah warga di Desa Semerantau//Foto: ISTIMEWA.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Sejak Kamis 20 Mei 2021 (kemarin) hingga 21 Mei 2021 (hari ini) kondisi banjir di Desa Semerantau, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, masih merendami rumah warga.

    Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Semerantau, Rusmadi.

    "Banjir tersebut diakibatkan terjadinya curah hujan yang terus menerus sejak 18 Mei 2021 hingga 19 Mei 2021 sehingga mengakibatkan air sungai Manday meluap," ujar Rusmadi kepada Media ini, Jumat (21/5/2021).

    Dijelaskannya, saat ini warga sedang mengungsi di daerah daratan (dataran tinggi) yang tidak terendam banjir. Selain itu, ada pula yang membuat tenda,  mengungsi di lanting-lanting dan sebagian juga masih tetap bertahan di rumahnya masing-masing, dengan membuat panggung darurat.

    "Debit air mencapai ketinggian hingga 279cm/2,97m (lebih dalam dari tahun-tahun sebelumnya)," jelasnya.

    Terkait jumlah rumah yang terendam, lanjut Sumardi, sebanyak 156 rumah, terdiri dari  9 fasilitas umum dan 147 rumah warga.

    "Untuk jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 209 KK, dengan jumlah jiwa 726 jiwa," paparnya.

    Lebih lanjut Sumardi mengatakan, untuk kerugian yang dialami, sementara belum bisa direkap secara keseluruhan, namun yang sudah pihaknya terima (laporan terbaru) yaitu 2 (dua) ekor sapi hilang terbawa banjir, dua unit mobil pickup terendam dan 49 unit sepeda motor terendam.

    "Semoga banjir ini segera surut," harap Sumardi. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Ukiklan

    Post Bottom Ad

    Ukiklan