Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Hadiri Pamole Beo Syukuran Panen di Ukit-ukit

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, dalam acara "Pamole Beo" Syukuran Panen di Dusun Ukit-ukit, Desa Labuan, Kecamatan Batang Lupar (Lanjak), Jumat (18/6).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH, beserta unsur Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu dan Forkopimcam Batang Lupar, menghadiri Pamole Beo, yang merupakan syukuran atas hasil panen, di Dusun Ukit-ukit, Desa Labian, Kecamatan Batang Lupar, Jumat (18/6/2021).

    "Acara ini rutin kita laksanakan setiap tahun khususnya oleh masyarakat suku Dayak Tamambaloh, karena acara ini merupakan ungkapan rasa syukur atas panen yang diperoleh," kata Ketua Panitia, yang juga Kepala Desa Labian, Hermanus Riyanto.

    Sementara itu, Temenggung Desa Labian, Antonius Leo menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sederhana dikarenakan saat ini masih dalam situasi Pandemi COVID-19.

    "Acara ini kita laksanakan tidak terlalu meriah seperti tahun-tahun sebelumnya karena Pandemi COVID-19, namun meskipun demikian, kita tetap menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

    Acara yang diselenggarakan atas kerjasama yang baik dari pihak panitia dan masyarakat Dayak Tamambaloh Desa Labian tersebut, disambut baik oleh Pemerintah Daerah.

    "Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menyambut baik atas terselenggaranya Adat Budaya Pamole Beo Dayak Tamambaloh Labian ini," tutur Fransiskus Diaan.

    Bupati menyatakan, berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, bahwa negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan.

    "Acara hari ini harus terus hidup dan berkembang, dilestarikan serta dipertahankan sebagai bentuk terimakasih kita terhadap leluhur terlebih ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita telah diberikan kehidupan dan memperoleh kelimpahan dari hasil panen," ungkap Fransiskus Diaan.

    Sumber                       : Humpro Setda KH

    Editor dan Publikasi: Noto Sujarwoto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad