Recent comments

  • Breaking News

    Dihadiri Seluruh Kades, Wabup Buka Bimtek Pengelolaan dan Pengawasan DD

    Wabup Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat membuka Bimtek Pengelolaan, Penanganan dan Pengawasan DD se-Kapuas Hulu, Jum'at (13/8/2021).

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka acara bimbingan teknis Pengelolaan, Penanganan dan Pengawasan Dana Desa Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2021 di gedung Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Jalan Budaya Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Jum'at (13/8/2021). 

    Wabup mengatakan kegiatan bimtek itu penting agar dalam tata kelola dan pengawasan dana desa dapat berjalan dengan baik dan terarah.

    Dimana Permasalahan yang dihadapi dalam penyelenggaran pemerintahan desa secara umum antara lain, masih lemahnya penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa, masih terbatasnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Pemerintah Desa di bidang pengelolaan keuangan desa. 

    "Selain itu masih rendahnya disiplin aparatur pemerintah desa untuk melaporkan keuangan Dana Desa," ujarnya. 

    Wabup berharap Kepala Desa dan perangkat desa memahami semua peraturan atau regulasi yang ada, baik itu Permendagri, Permendes, PMK dan juga Perda serta Perbub, harapnya.

    "Penggunaan Dana Desa harus transparan dan akuntabel di desa masing-masing," ucapnya. 

    Para kepala desa dan perangkat desa harus memahami hak, kewajiban dan tugas masing-masing. Sebab itu manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat berjalan dengan baik, katanya. 

    Pemerintahan desa hendaknya memiliki pemahaman, kesadaran dalam mengelola keuangan desa. Itu harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    "Semua instansi terkait dapat pro aktif untuk melakukan konsolidasi serta koordinasi kepada 278 Kades dan aparatur desa se Kabupaten Kapuas Hulu, demi terwujudnya Kapuas Hulu HEBAT yaitu Harmonis, Enerjik, Berdaya saing , Amanah dan Terampil," pungkas Wahyu. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak