Recent comments

  • Breaking News

    Penggemar Sepeda Kapuas Hulu Jelajahi Perbatasan Indonesia-Malaysia


    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Jika panjat pinang dan makan kerupuk sudah biasa, maka berbeda dengan para penggemar bersepeda bumi Uncak Kapuas. Mengobarkan semangat perjuangan para pejuang terdahulu, mereka menggelar gowes kemerdekaan, Minggu ( 29/8/2021) lalu di perbatasan Indonesia – Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Meski cuaca panas terik, tak menyurutkan semangat mereka mengayuh sepeda sejauh 48 kilometer. Menjelajah jalan Negara lintas utara dari PLBN Badau hingga sampai di terminal Lanjak sebagai pemberhentian akhir.

    Jalanan yang banyak menanjak tak menjadi halangan. Dengan penuh semangat, 7 (tujuh) orang penggemar sepeda tersebut terus memacu adrenalin mereka. Berbagai jenis sepeda mereka gunakan. Ada yang menggunakan sepeda gunung (MTB) kekinian, sepeda jenis minion dan minivelo. Bahkan ada  salah satu dari mereka menunggang sepeda buatan anak negeri yang melengenda, yakni sepeda MTB merek federal.

    Koordinator gowes kemerdekaan, Mohammad Romsah mengatakan bahwa kegiatan tersebut mereka lakukan dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun ini. Dipilihnya rute perbatasan Indonesia – Malaysia di maksudkan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan menghormati jasa para pejuang merebut kemerdekaan.

    “Kita tahu bahwa para pejuang dahulu rela mengorbankan jiwa, raga dan harta benda berjuang untuk merebut kemerdekaan. Kita sekarang tinggal menikmati dan harus mempertahankan kemerdekaan ini,” kata Romsah.

    Lelah mengayuh sepeda selama 5 jam lebih diakui Romsah belum seberapa dibandingkan gelora para pejuang kemerdekaan. Terik matahari dan cucuran keringat selama perjalanan belum ada apa-apanya dibandingkan cucuran air mata dan darah pejuang.

    “Maka dari itu, semangat menghargai perjuangan para pejuang terdahulu harus terus kita tanamkan,” ungkapnya.

    Ditambahkan Romsah, ia dan rekan-rekannya berangkat dari Putussibau Sabtu ( 28/8 ) siang. Sepeda mereka angkut dengan menggunakan mobil bak terbuka. Sore harinya, beberapa rekan dikatakan Romsah sudah menjajal bersepeda santai dari mes kecamatan Badau ke PLBN Badau pulang pergi. Baru kemudian, pagi Minggu (29/8) jam 07:00 WIB, mereka start bersepeda dari PLBN Badau. Kurang lebih pukul 12:30 WIB, mereka finish di terminal bus Lanjak.

    “Alhamdulillah, gowes kemerdekaan ini berjalan lancar,” tambah Romsah.

    Dikatakan Romsah, bersepeda menjelalah berbagai rute sudah menjadi agenda rutin mereka. Seperti bersepeda dari Putussibau ke Kalis, BBI Klansin-Kalis, BBI Klansi-Mentebah, Putussibau-Sayut, Putussibau-Nanga Erak dan rute lainnya. 

    Ke depan bahkan mereka berencana menjelajah jalan Negara lintas selatan dari kota Sintang Kabupaten Sintang hingga ke Kota Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu sejauh 262 kilometer. (Tim/red)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak