Recent comments

  • Breaking News

    Pemkab Kapuas Hulu Serahkan Bantuan Rp1,05 Milyar Kepada 10 Parpol

    Wakil Bupati Wahyudi Hidayat, saat menyerahkan bantuan dana secara simbolis kepada masing-masing perwakilan Parpol.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Sebanyak sepuluh Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Kapuas Hulu menerima bantuan keuangan dari Pemkab Kapuas Hulu. Bantuan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat tersebut semuanya berjumlah Rp1,05 milyar yang dilaksanakan di aula Bappeda Kapuas Hulu, Selasa (21/09/2021).

    Sepuluh Parpol yang mendapatkan bantuan tersebut diantaranya, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional, PDI Perjuangan, Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Hanura, Gerindra, PKPI dan NasDem.

    Dari sepuluh Parpol yang mendapatkan bantuan tersebut partai Golkar menerima dana bantuan paling besar yakni Rp159 juta. 

    "Jumlah bantuan dana bantuan Parpol ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya satu suara itu sebesar Rp1500, sementara saat ini satu suara dihargai Rp8 ribu," kata Plt Kepala Kesbangpol Kapuas Hulu Muhtarudin, Selasa (21/9/2021). 

    Muhtarudin mengharapkan kepada Parpol penerima bantuan keuangan tersebut, penggunaannya agar dapat diprioritaskan untuk pendidikan politik bagi anggota parpol dan masyarakat, serta sebagai dana penunjang kegiatan operasional kesekretariatan parpol.

    "Kita berharap kepada Parpol yang mendapatkan dana bantuan ini, penggunaanya dapat menyentuh langsung ke masyarakat lebih baik. Tentunya bisa digunakan untuk memberikan pencerahan soal politik kepada masyarakat sehingga mereka tidak bisa terprovokasi,” ujarnya. 

    Sementara Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan bantuan ini diharapkan mampu meningkatkan pendidikan politik masyarakat.

    “Bantuan ini untuk dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional kesekretariatan partai politik yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Kapuas Hulu," katanya. 

    Wabup menjelaskan, jumlah bantuan yang diberikan secara proporsional sesuai perolehan suara dalam pemilihan legislatif.

    Pendidikan politik yang diselenggarakan oleh partai politik menjadi barometer tingkat partisipasi politik dalam Pemilu tahun 2019. Pendidikan politik bisa dalam bentuk workshop ,dialog interaktif, dan bentuk lainnya.

    Dengan pendidikan politik tersebut kedepan masyarakat semakin mengenal politik. Di negara demokrasi, tingkat partisipasi politik dalam pemerintahan menjadi salah satu ciri demokrasi.

    “Semakin tinggi angka partisipasi masyarakat dalam pemerintahan, semakin bagus dengan pendidikan politik di negara kita,” harapnya.

    Wabup berharap, setelah penyerahan keuangan ini dapat ditindaklanjuti dengan pelaporan pertanggungjawaban atas penggunaan bantuan keuangan tersebut. 

    "Bagi Parpol penerima bantuan keuangan dari Pemkab Kapuas Hulu wajib menyerahkan laporan keuangan kepada Pemerintah Daerah," pungkasnya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak