Recent comments

  • Breaking News

    ASN Kapuas Hulu Banyak Tak Bayar Zakat Profesi


    Rini 

    KAPUAS HULU - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kapuas Hulu menyampaikan masih banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kapuas Hulu yang tidak membayar zakat profesi maupun infaq. 

    "ASN yang sudah tidak lagi membayar zakat profesi ada dari Pemdes, Kecamatan Jongkong, Pol PP dan BKPSDM," kata Rini Waka III Baznas Kapuas Hulu, Senin (22/11/2021). 

    Rini mengatakan, pihaknya sudah sering berkoordinasi dengan OPD terkait untuk pembayaran zakat profesi ini. Namun ada juga dari kantor yang ASN nya rajin membayar zakat profesi seperti dari Dinas Kesehatan. 

    "Paling rajin membayar zakat profesi ASN itu Dinas Kesehatan dan jumlahnya pun lumayan besar," ujarnya. 

    Sementara itu H Ade Hamsin Plt Ketua Basnas Kapuas Hulu menyampaikan bahwa kesadaran ASN Kapuas Hulu untuk membayar zakat profesi dan infaq masih rendah. 

    "Kita juga kurang tahu apa alasan ASN kurang memiliki kesadaran untuk membayar zakat ini," ujarnya. 

    Hamsin mengatakan, jumlah zakat profesi dan infaq ASN Kapuas Hulu hingga hari ini sudah terkumpul sebesar Rp759 juta. 

    "Zakat profesi dan infaq ASN Kapuas Hulu sudah kita salurkan untuk digunakan di berbagai bidang yakni pendidikan, kesehatan, kemanusiaan dan dakwah advokasi," katanya. 

    Hamsin mengatakan, jika dirata - ratakan perbulan zakat profesi dan infaq ASN Kapuas Hulu yang terkumpul ini sebesar Rp75 juta. 
    "Kalau setiap tahun zakat ASN ini terkumpul mencapai Rp1 miliar," ucapnya. 

    Hamsin mengatakan, dalam pembayaran zakat ASN ini, ada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) atau kantor yang menyetor langsung ke kantor Baznas Kapuas Hulu. 

    "Pembayaran zakat ASN ini sebenarnya wajib, karena sudah ada Perbup No 64 ASN wajib bayar zakat profesi 2,5 persen," jelasnya. 

    Hamsin pun berharap kedepan, banyak ASN yang membayar zakat profesi dan infaq nya melalui Baznas Kapuas Hulu. 

    "Kalau ASN Kapuas Hulu banyak yang bayar zakat, tentunya juga banyak program yang dikerjakan oleh Baznas Kapuas Hulu untuk masyarakat," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak