Recent comments

  • Breaking News

    Kapuas Hulu Dapat Kiriman Belasan Ribu Vaksin Covid - 19


    Gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu. Istimewa

    KAPUAS HULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu menegaskan vaksin Covid-19 yang terdistribusi ke fasilitas kesehatan (faskes) dipastikan akan disuntikkan ke masyarakat sebelum masa kadaluarsa. Sebab, dalam peruntukan vaksin, Dinkes sudah mengatur jadwal pendistribusiannya.

    "Kita pastikan tidak ada vaksin yang kadaluarsa, aman semuanya," kata Paulus Miki Kasi Farmasi Makanan dan Minuman pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu.

    Selama ini kata Miki, vaksin Covid-19 yang dikirim ke Kapuas Hulu tidak lama disimpan dalam gudang farmasi karena cepat didistribusikan ke Puskesmas.

    "Untuk mendistribusikan vaksin ini, kita sesuai arahan dari bidang lain dan tentunya sesuai dengan permintaan," ucapnya.

    Miki menjelaskan untuk ketersediaan vaksin jenis Sinovac yang ada di gudang farmasi hingga hari ini berjumlah 4.442 dosis. Dimana 3.718 dosis milik Dinas Kesehatan, TNI 340 dosis dan Polri 364 dosis. Sementara vaksin jenis Astrazeneka ada170 dosis dan moderna 154 dosis.

    "Bahkan hari ini ada masuk lagi 13.680 dosis. Dimana milik Dinkes 6.880 dosis, Polri 3.200, TNI 3.600. Sementara vaksin Astrazeneca milik TNI ada 2000 dosis," ujarnya.

    Miki mengungkapkan, dalam pengalokasian vaksin ini baik dari TNI dan Polri terkadang kebingungan juga untuk mencari siapa lagi masyarakat yang mau disuntik vaksin. Sehingga untuk lokasi yang menjadi sasaran vaksinasi ini jaraknya sudah jauh - jauh.

    "Makanya dalam pemberian vaksinasi ini semuanya harus berkoordinasi secara menyeluruh darii tingkat bawah hingga RT dan RW. Soalnya ini menyangkut orang ramai. Karena kita tidak bisa bekerja sendiri baik TNI dan Polri," harapnya.

    Sementara Herberia Karosekali Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu menyampaikan, bahwa untuk tahap pertama vaksinasi Covid - 19 jumlah masyarakat yang sudah divaksin mencapai 90.976 orang atau 50,45 persen.

    "Sementara untuk tahap kedua ini baru ada 54.477 masyarakat Kapuas Hulu yang divaksin atau 30,21 persen," ujarnya.

    Herberia berharap masyarakat Kapuas Hulu yang belum vaksin baik itu tahap pertama dan kedua untuk segera divaksin. Tentunya pemberian vaksin ini untuk mendukung program pemerintah dalam memerangi Covid - 19.

    "Lagipula vaksinasi ini untuk kesehatan kita juga dalam mencegah virus Covid - 19 masuk ke tubuh kita," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    Uncak